Cara Menghadapi Google Sandbox

Cara Menghadapi Google Sandbox - Beberapa hari kemaren sudah share Google Sandbox, Google Banned, dan Google Dance Apa itu? dan disusul dengan Cara Mengetahui Tukang Copas Artikel Blog, sedangkan sekarang akan kembali mengupas masalah google sandbox, yaitu cara mudah menghadapi google sandbox.

Memang Google Sandbox masih belum pasti keberadaanya alias masih menjadi misteri, tetapi perlu diingat bahwa Google menetapkan kualitas blog yang menggunakan sejumlah indikator.

Indikator ini berhubungan dengan profil dan usia blog, profil dan usia situs itu sendiri serta faktor-faktor lainnya yang digunakan google. Buktinya tidak ada seorangpun yang tahu dengan tepat, bahwa faktor apa saja yang digunakan Google.

Yang gang tutorial ketahui pasti adalah Google menggunakan indikator berbasis waktu untuk sebuah website. Cara terbaik untuk menyikapi masalah ini adalah dengan terus melakukan link building selagi bisa dilakukan, tapi upayakan untuk memperoleh link terbaik, kemudian jangan lupa perhitungkan faktor waktu dalam ekspektasi sobat. Dengan kata lain, posisi situs di Google saat ini adalah hasil yang sobat lakukan (dan tidak lakukan) beberapa bulan yang lalu.

Mungkin sobat sudah mendapatkan kata kunci/keyword pas dalam 1 sampai 2 bulan di MSN/Bing, dan 2 sampai 4 bulan di Yahoo. Adapun Google bisa membuat sobat menunggu sepanjang tahun, dan tidak menutup kemungkinan bisa lebih lama lagi.

Anda mungkin sudah mendengar banyak teori tentang cara mudah keluar dari Sandbox, dan semuanya bisa dibilang sama saja; dapatkan link masuk (inbound links) yang relevan (relevancy), punya otoritas (authority), dan terpercaya (trusted), lalu tunggu.
Bagaimana cara menghadapi Google Sandbox?

Untuk menghadapinya, silakan gunakan aturan sederhana (walaupun harus diakui dalam prakteknya tidak terlalu sederhana) berikut:
  1. Usahakan mendapat link berkualitas 4-in-1; inbound links yang relevan, punya otoritas, berasal dari sumber terpercaya, dan dari halaman / situs ber-Pagerank tinggi (ya, PageRank masih punya peran).
  2. Buat situs anda sekarang, dan mulai membangun inbound links sekarang juga. Hari-hari yang tidak anda gunakan untuk melakukan link building adalah hari yang tersia-siakan dalam rangka memburu posisi top ranking di Google.
  3. Prioritaskan link berkualitas – yaitu inbound links yang punya status terpercaya (trusted) – lebih dulu.

Umur situs ataupun link tentunya juga sangat berpengaruh, sehingga situs-situs lama dengan profil yang baik, lebih punya peluang untuk mendapatkan ranking di Google daripada situs-situs muda walaupun punya inbound links yang lebih banyak. Kalau blog sobat sudah mapan dan melakukan aktivitas link building di masa lalu, kemungkinan besar blog tersebut sudah lolos dan keluar dari Google Sandbox.

Tapi bukan berarti tidak semua situs tua mendapat penilaian bagus dari Google, ya kalau situs sobat tidak punya link profile yang baik dan belum lulus uji kualitas si mbah Google. Jika demikian keadaannya maka nasib blog tersebut sama dengan blog kemarin sore lainnya, tapi punya peluang besar untuk keluar dari Google Sandbox lebih cepat.

OK. Sampai disini dulu ceramah Tips Menghadapi Google Sandbox, semoga bermanfaat dan selamat mencob

16 Comments

  1. PERTAMAX di aman kan sobat,,,,,,,,,

    nice share and happy blogging

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak ilmunya ini sobat, sangat perlu untuk mengantisipasi jika nanti kena google sandbox,,,,

    ReplyDelete
  3. infonya mantafss sekali...
    ilmunya sangat berguna bagi para blogger jika suatu saat kena hukuman dari si mbahh...

    ReplyDelete
  4. mantep bang tipsnya, happy bloggig

    ReplyDelete
  5. absen siang sobat sembari belajar di sini,,,,

    nice share sobat and happy blogging

    ReplyDelete
  6. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  7. keren tips-nya..sungguh sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  8. oh ternyata begini sob... makasih infonya :)
    Absen siang

    ReplyDelete
  9. wah info yang menarik sekali sob.. pagi newbie seperti saya :)

    oh ya follow balik ya :)

    ReplyDelete
  10. blowalking malam ni bang disini, sukses selalu buat ente

    ReplyDelete
  11. siip gang tutorial semuanya serba tutorial

    lanjutkan

    salam kenal

    ReplyDelete
  12. jadi google sandbox itu bener2 ada yah?!?!

    ReplyDelete
  13. bang bukan nya ,, sala satu indkasi kena sandbox adalah karena blog yang masi usia di bawa 1 tahun tapi punya ribuan backlink atau bisa di bilang terlalu berlebihan dalam berburu backlink..

    Itu si yang saya tau.. tapi tangs ya info dan saran-saran nya

    ReplyDelete
  14. @berita unik bener sob, tapi bukan berarti blog yang sudah berumur akan lepas dari hal itu. jadi dalam pemburuan backlink, pakailah sewajarnya

    ReplyDelete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link