Cara Merubah Mesin CB atau GL Jadi Tiger - Ali Madura

Cara Merubah Mesin CB atau GL Jadi Tiger

Cara Merubah Mesin CB atau GL Jadi Tiger - Hmm, mungki lagi ngebet untuk posting yang berkaitan tentang modifikasi motor, maka kali ini bagian mesin GL yang jadi bahas pembahasan setelah di postingan sebelumnya sudah membahas cara merubah mesin CB agar bertenaga kuda besi. Sebagian orang juga mengetahui kalau honda tiger masih memakai teknologi honda CB/GL, bahkan pengapian ikut-ikutanan memakai model DC, cuma bedanya kalau Tiger memakai electric stater, CDI dan 6 speed. Sementara CB/GL cuma pake platina, genjot langsung dan applied 5 speed!! Hmmm, Berarti CB/GL bisa di dongkrak jadi 200cc dong??!! Jawabannya adalah jelas bisa. cuma tinggal naik stroke masalah beres dan pasti ganteng!! bahkan penggemar CB mulai mewabah di seantero daratan pulau JAWA seperti virus flu burung yang sempat membuat geger peternak unggas, walah kok malah nyasar ke flu burung segala!!

Ok, balik ke ?? kata om pukul arwana. Jadi Kunci dari perubahan mesin CB dan GL menjadi tiger hanya ada di bagian Kruk-as sama boring/ silinder block!! Tiger memiliki langkah 63 sedangkan CB dan GL masih 49.5. sama seperti honda grand dan supra 100. setelah di usut ternyata modifikasi honda cb tersebut tidak membutuhkan biaya banyak, tapi sobat wajib memiliki skill yang tinggi, karna kalau tidak tahu urutannya bukannya CB jadi tiger, malah mesin masuk tempat loak…hehehehehe

Cara Merubah mesin CB dan GL jadi tiger

  • Dibagian pertama langsung melirik bagian krus-as CB ganti kruk-as tiger, kalau melihat harga originalnya memang barang mahal. Tapi beberapa bengkel tetangga tidak sedikit yang memakai kruk-as buatan thailand yang memiliki kualitas cukup baik. Soal harga tidak usah kuatir karena barang produk thailand relatip murah jika dibandingkan produk aslinya yang dari si empunya. Banrol harganya cukup dengan 700 ribu-an kruk-as sekaligus setang seher sudah bisa diangkut pulang.
kruk-as tiger
kruk-as honda tiger

  • Jika sudah bagian kruk as langsung senggol bagian boring/ liner tiger, Liner tiger selain memiliki stroke yang panjang, juga memiliki sirip yang lebar jadi kalau dipasang di CB atau GL kelihatan gagah dan penuh. Jadi tidak lagi cungkring kayak orang kekurangan gizi. Soal harga dibagian barang ini masih tetap wajar, hanya cukup dengan money kata orang eropa sana 450 ribu. Boring sudah siap diangkut ke rumah. Soal piston, bisa memakai piston GL neotech untuk mengisi mesin, karna punya profil yang lebih jenong….
boring atau liner tiger

Nah, bagaimana? hanya cukup bermodal sejuta lebih dikit CB atau GL siap digeber di jalanan dan syukur bisa ngalahin FU...hehe.

Finishing Cara Merubah Mesin CB GL Jadi Tiger

calter mesin CB atau GL
calter mesin CB atau GL

  • Kalau sudah tinggal kini giliran calter mesin CB atau GL yang harus dipermak/ dibubut agar silinder tiger bisa bersemayam di dalam biasanya CB mania masih kurang percaya diri alias pede kalo head masih sutandar. Penginnya juga pakai kepunyaan tiger. hemmm, padahal memakai standar CB atau GL juga masih bisa. Ternyata dan ternyata, dipasaran juga ada head tiger dengan harga murah sudah satu set dengan cam + valve cuma dibandrol 850 ribu, kalau udah kayak gini pasti bilang ajib…..

head tiger
head tiger
  • Hal terakhir dalam Merubah Mesin CB GL Jadi Tiger adalah bagian finishing yang rapi dengan harga yang terjangkau.
Bagaimana sob, mudah dan murah meriah bukan? Ok, akhiri dulu cerita dari postingan ini dan selamat merubah mesin CB atau GL menjadi tiger

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merubah Mesin CB atau GL Jadi Tiger

0 komentar:

Post a Comment

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link