Cara Menanam Backlink Berkualitas Pada Blog

Sobat gang tutorial pasti tau kan apa itu backlink dan untuk apa. Kalo sobat tidak tau, sobat bisa baca postingan blog ini tentang Memburu Backlink Dari Blog Dofollow Dengan PR Tinggi. Karena hakikatnya sebuah backlink merupakan salah satu cara untuk optimasi blog dalam peburuan posisi blog di halaman pencarian google. Pada tips trik blog kali ini saya kembali membahas masalah backlink lagi. Tapi tentunya pasti beda dengan yang sebelumnya. Disini yang akan di kupas cara menanam backlink berkualitas pada blog/ web kita.

Dalam penanaman backlink ada dua pilihan yang paling sering dilakukan oleh narablog/webmaster ketika mereka sedang menanam backlink, yaitu :
  1. Mengarahkan backlink menuju halaman utama (homepage)
  2. Mengarahkan backlink menuju halaman posting
Pertanyaanya sekarang adalah : Lebih berkualitas mana antara kedua opsi diatas ?

Pendapat saya yang masih belajar SEO ini, khusus untuk blog baru, sebaiknya mengarahkan backlink yang berkualiatas “ditanamnya” menuju halaman utama. Kenapa? jawabannya adalah : jika kita ibaratkan blog baru adalah rumah yang sedang dibangun, kita tentunya harus membangun pondasi yang kuat terlebih dahulu. Pondasi disini adalah halaman utama blog. Jika halaman utama sudah memiliki backlink yang cukup, maka posting-posting kita tentunya akan semakin cepat di index dan mendapat posisi yang bagus di SERP.

Sedangkan untuk blog yang sudah cukup memiliki umur, sebaiknya mengarahkan backlink menuju halaman posting. Jawabannya adalah : karena blog yang sudah memiliki umur biasanya sudah cukup stabil waktu yang dibutuhkan oleh robot mesin pencari untuk mengindex halaman posting. Namun, walau cukup cepat halaman posting tersebut di index bukan berarti posisinya di SERP akan bagus juga. Disinilah pentingnya mengarahkan backlink menuju halaman posting.

Kesimpulan dari kedua opsi di atas adalah :
  1. Khusus untuk blog baru, beri “suntikan” backlink yang cukup dulu menuju halaman utama. 
  2. khusus untuk blog yang telah memiliki umur, beri “suntikan” backlink menuju halaman posting.
Nah, sekian dulu belajar SEO kali ini dari pendapat saya pribadi, jika sobat ada yang mungkin memiliki pendapat berbeda, sobat bisa berbagi melalui kotak komentar. Jangan takut untuk berbeda pendapat karena perbedaan adalah anugerah. Terimakasih

46 Comments

  1. terima kasih penjelasannya mas, saya semakin mengerti. Bener sekali, jika rumah kita sudah memiliki tembok, atap, dan yang lainnya untuk berteduh. Kita tinggal membeli tempat tidur, televisi, kulkas, ataupun hal lainnya. Sama seperti backlink, jika backlink home sudah cukup, tinggal backlink buat posting saja lagi. :)

    ReplyDelete
  2. kayaknya backlink gak terlalu diperhatikan GOogle.

    ReplyDelete
  3. kalau aku ngak peduli pasal backlink sob,yg penting blogku selalu update

    ReplyDelete
  4. Gak bisa dilewatkan ne...Nice post Gan...

    ReplyDelete
  5. jangan nanam terus mas, perlu juga di sirami. hehe
    mksudnya blognya dirawat dngan tratur sllu ikuti pekmbangan. jngan percaya saya, buktikan

    ReplyDelete
  6. sepertiny uda pernah baca sob :)
    jgn lupa visitback mau tukeran link gk?

    ReplyDelete
  7. thank's infonya gan, ohya gan ada g cara yg efektif (g perlu banyak waktu untk mondar-mandir ke tiap blog) untuk menanam backlink?

    ReplyDelete
  8. @ foredi : ada sob, cuman tidak recomended

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Wah jadi tambah Tahu nih Artikel tentang SEO ...
    TErima Kasih Banyak Mas

    ReplyDelete
  11. info yang membantu saya... terima kasih

    ReplyDelete
  12. Mas dalam tulisan di blog lain kok mengutamakan backlingk ke halaman posting, yang benar yang mana mas.

    ReplyDelete
  13. @mjumani : kalo masalah backling tidak ada batasan sob...cz dengan backlink blog akan semakin baik

    @klik menarik n recipe book : sama2 sob
    @ TONGKAT GURAH VAGINA : silahkan cermati tulisan diatas sob....

    ReplyDelete
  14. selama ini saya saya menanam backlink di halaman utama jadi salah yach..ok dech akan saya perbaiki terima kasih

    ReplyDelete
  15. @ pulsa : gak sob...tu gak salah....penanaman backing di internal blog semuanya bener...tapi kalo menurut q, dah di jelaskan di atas

    ReplyDelete
  16. dua duanya sekaligus juga bagus mas boy...yang penting konsistennya kita buat nge backling setuju ga mas boy

    ReplyDelete
  17. makasih bnyak gan infonya bermanfaat nih

    ReplyDelete
  18. mantap gan..
    nambah ilmu dikit.. :)

    ReplyDelete
  19. ooo... begono toch? oke makasi tipsnya sob, langsung dicoba... :D

    ReplyDelete
  20. Belajar banyak di sini sahabat...

    ReplyDelete
  21. tipsnya sangat bermanfaat masbro :D

    ReplyDelete
  22. @ busana : setuju gan
    @ sepatu, pemalang, indramayu : sama2
    @ cheat ; seef kalo gitu sob
    @ cardiaku : silahkan
    @ jurnal, mbah : ok sob..thank supportnya

    ReplyDelete
  23. trnyata g2 ya,,slama nih ak sring backlink k postingan...mksih infonya

    ReplyDelete
  24. @ Ilmu Hukum : seeef gan..sebenarnya semuanya baik..cuman permasalahannya seperti diatas

    ReplyDelete
  25. saya juga lagi belajar seo, kebetulan blog saya baru. makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  26. Maaf klo pertanyaan Newbie banget...maklum emang aku newbie...
    Berapa banyak minimal backlink sehingga kita bisa lihat effeknya di google...???

    ReplyDelete
  27. @Dedy bisa dilakukan 3 : 7 atau lebih tuk blog baru sob
    3 : psotingan
    7 : halaman utama

    ReplyDelete
  28. ini kunjungan ane ke blog juragan, thank you ya gan, banyak tips2 berguna buat ane yang masih newbi ini :D, gud lak ya bro.

    ReplyDelete
  29. mantap nih mas, jdi sy harus tanam BL bwt home page dlu yah :D

    ReplyDelete
  30. sipp bgt nih infonya, bisa langsung praktek nihh
    tetap semangat untuk posting tutorial blog yang keren

    ReplyDelete
  31. bener banget tuch ane setuju dengan pendapatnya cuyy

    ReplyDelete
  32. info yg bagus nih...
    kebetulan ane lgi disuruh untuk mempromosikan website yg baru....

    ReplyDelete
  33. info yang menarik.... tapi sy masih mencari backlink secara manual.. cz lebih natural sob...

    ReplyDelete
  34. mantap gan... ane cobain yah sarannya... moga sukses...
    hehehehe salam blogger

    ReplyDelete
  35. Gan ane ada tips dapat 1juta lebih baclink gratis untuk blogger, cuma karena ga boleh naruh link disini, jadi linknya ada di blog ane gan...kalo agan berminat, ditunggu kunjungannya.Makasih.

    ReplyDelete
  36. Oom Admin..emang ada ya batesan umur suatu blog biar bisa dapet SERP yang bagus?

    Kalo iya, kenapa ga keliatan, ya? Karena sampe saat ini keterangan soal umur blog ga pernah keliatan di SERP. Pernah lho saking penasarannya aku telusurin hasil pencarian dari laman 1 sampe 10 tapi ga ketemu.

    Jadi.. apa iya umur blog bisa mempengaruhi SERP?

    Soal pengindeksan, tanpa repot-repot submit url atau sitemap pun Google pasti mengindeks blog yang kita urus. Cuman waktu pengindeksan memang agak lama tapi pasti ke indeks.

    Ya..itu aja pendapat aku..

    BTW, artikel ini pasti bantu nambah pengetahuan untuk blogger yang baru belajar SEO semacem aku.

    Good job, Sir.

    ReplyDelete
  37. ilmunya mantab gan langsung praktek ah

    ReplyDelete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link