Bedah Mesin CB Agar Bertenaga Kuda - Ali Madura

Bedah Mesin CB Agar Bertenaga Kuda

Bedah Mesin CB Agar Bertenaga Kuda - Ya begitulah postingan kali ini yang kembali membahas soal modifikasi motor, karena sudah beberapa hari tidak membahasnya. Dipsotingan terakhir yang membahas mengenai motor adalah perbedaan motor CB dengan CG dipostingan tersebut juga sedikit mengutip tentang seluk beluk dari mesin CB, maka kurang mantap apabila sobat tidak mencoba untuk membedah bagian jeroan yang dimiliki motor CB jadi kencang. Motor CB merupakan salah satu motor klasik yang memilik penggermar tidak sedikit di tanah air, salah satunya adalah saya sendiri yang mulai suka terhadap motor klasik tersebut sekitar tahun 2007 walau yang memiliki motor klasik tersebut baru tahun 2012 yang sampai detik ini masih belum final dalam bongkar pasang, (numpang promo dikit..he..he..). Jika sobat ingin membedah mesinnya, silahkan tuntaskan postingan ini..

Bedah Mesin CB Agar Bertenaga Kuda

Kombinasi Mesin CB dengan Satria F-150

Bedah Mesin CB Menggapai teknologi modern, tidak salah apabila mesin CB digabung dengan milik Suzuki Satria F-150. “Karter milik CB100 sedang kepala dan blok silinder punya Satria F-150 yang sudah DOHC,”. Hal ini membutuhkan dudukan atau adaptor  untuk menggabungkan karter dan blok silinder. Sobat bisa bikin dari bahan duralium 5 mm. Disambung menggunakan las argon untuk bagian dalam. Sedang bagian luar perlu lebih rapi, makanya pakai las babet. Posisi baut blok juga digeser. Disesuaikan lubang baut di blok F-150. Juga perlu bikin dudukan tensioner yang panjang dan pendek. Menggunakan miling agar pas pasang di karter.

Bedah Mesin CB Piston pakai diameter 68 mm. Diambil dari Honda XR400 yang punya pin piston 15 mm. Pas dipasangkan sama setang piston GL-Pro Neo Tech yang sudah dipasang berikut kruk as-nya. Piston besar memaksa ganti boring lebih besar. Juga stroke atau langkah piston dibikin jadi 62,2 mm. Ini didapat dari menggeser posisi pin kruk as Neo Tech sekitar 6,5 mm. Total langkah bertambah 13 mm. Kalau dihitung menggunakan rumus volume silinder pasti didapat 225,7 cc. Itu didapat dari diameter silinder yang sudah 68 mm dan stroke 62,2 mm. Tapi, lantaran stroke bertambah bukan saja pasang adaptor blok silinder dari duralium 5 mm. Tapi, rantai keteng Satria FU perlu ditambah. Disambung lagi 4 mata. Tentu gigi keteng di kruk as juga dibikin seperti punya Satria 4-tak itu.

Mesin CB Pakai Rasio Tiger

Hmmm gimana, apakah masih mau lanjutkan? Setelah kapasitas mesin CB meningkat, sektor pemindah bagian daya harus di benahi juga biar seimbang. Seperti rasio satu set pakai Honda Tiger maka secara otomatis mesin tidak teriak kencang lantaran sudah 6 tingkat kecepatan yang dimiliki. Begitu juga rumah kopling. Cangkok dari Tiger. Namun kampas kopling dipasang enam lapis. Aplikasi dari Honda Grand.

Mesin CB Pakai Pengapian Grand

Bedah Mesin CBBedah Mesin CB Bagian kali ini tentunya masuk ke bagian pengapian Mesin CB. Pengapiannya masih cangkok dari punya honda Grand. Seperti satu set magnet, sepul, pulser dan CDI. Tentu dalam pemasangan harus dibuatkan dudukan baru. Yang paling penting lagi letak pulser yang dipasang di kruk as, tidak di tempatkan di bagian tutup magnet. Pasti sobat timbul pertanyaan, kenapa ya?. Jawabannya adalah apabila suatu saat nanti memiliki rencana mau ganti pulser. Dari tetangga sempet dengar katanya yang bagus mencangkok milik Binter.

Merubah Jalur Oli Mesin CB

Bedah Mesin CB Sistem pelumasan menuju kepala silinder harus lancar agar mampu melumasi mekanisme klep Mesin CB. Kalau mempertahankan jalur lama, dipastikan lumayan ribet. Itu karena lubang baut silinder di karter dan blok sudah bergeser. Apalagi sudah tertutup adaptor blok dan kena las babet. Untuk itu harus dibuatkan jalur baru. Dari tutup bak kopling kanan dilubangi sebagai dudukan nipel slang. Dari nipel disambung ke pipa karet dan pipa besi menuju kepala silinder. Dari sana baru disemburkan menuju mekanisme klep. Aliran pelumas di kepala silinder dilanjut menuju karter kembali. Lewat lubang baut blok kiri depan. Setelahn yampe atas karter dibuatkan dua lubang yang disemprotkan menuju rantai keteng dan setang piston bawah. Baru deh setelah itu oli ngumpul di bak.

Piston Kembali Diganti

Bedah Mesin CB Nah di bagian ini kembali mengganti piston dengan piston milik Honda CBR150. Kenapa? Karena diameter 67 mm dan pin 15 mm. Otomatis harus bore down lantaran piston makin imut dan boring diganti lebih kecil. Kini kapasitas silinder malah turun. Asalnya 225,7 cc jadi 219 cc. Turun sekitar 7 cc. Tapinggak masalah lantaran dirasa aman karena kompresi tidak terlalu besar.

Data Modifiksi Honda CB

Paking bawah blok bawah : Satria F-150
Tensioner : Satria F-150
Kem : Papas bawah 1,5 mm
Klep : Satria F-150
Karburator : TZM30
Spuyer : Main-jet 160/pilot 35

OK, rasanya sudah keriting nich jari, akhiri dulu semoga bermanfaat dan selamat memBedah Mesin CB Agar Bertenaga Kuda

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bedah Mesin CB Agar Bertenaga Kuda

0 komentar:

Post a Comment

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link