Perbedaan Honda CB dengan Honda CG - Ali Madura

Perbedaan Honda CB dengan Honda CG

Kendaraan bermotor adalah kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik untuk pergerakkannya, dan digunakan untuk transportasi darat. Umumnya kendaraan bermotor menggunakan mesin pembakaran dalam. Jenis-jenis kendaraan bermotor dapat bermacam-macam, seperti sepeda motor Honda CB dan Honda CG, mobil, dan yang lain.

Perbedaan Honda CB dengan Honda CG

Varian honda CB dan CG yang beredar di Indonesia bila dilihat sekilas sangat mirip. Mengusung model klasik dengan tangki berbentuk mirip seperti kacang, spakboard depan-belakang besi, mesin tegak, hampir menjadikan kedua jenis itu identik satu sama lain. Tetapi jangan salah, di balik kemiripan model itu, tersimpan sejumlah perbedaan mencolok. Perbedaan itu penting diperhatikan di tengah maraknya modifikasi bergenre cb wannabe yang sedang booming. Pasalnya, bila tidak memerhatikan detail itu bisa jadi modifikasi tidak sesuai target. Perbedaan pertama dari dua bersaudara itu yakni sistem penggerak CB dan CG. CB menggunakan sistem chain shaft alias rantai kamprat, sedangkan CG menggunakan push rod alias stik. Konsekuensi perbedaan teknologi itu, blok dan kop CB dengan CG berbeda.

Berikut skema mesin CB

skema mesin CB

Penggerak rantai mesin CB

Penggerak rantai mesin CB

Skema mesin CG dengan penggerak stik

skema mesin CG

Selain perbedaan di sektor penggerak mesin, yang perlu diperhatikan yakni blok mesin kiri. Bila di CB bak mesin kiri yang terhubung dengan magnet menganut sistem basah alias oli bisa masuk ke bak magnet. Tetapi di CG menganut sistem kering alias oli tidak masuk bak magnet. (ini berdasar penerawangan, mohon dikoreksi bila salah). Perbedaan itu membawa konsekuensi bila pemilik CG dimodifikasi menjadi CB wannabe. Termasuk bila ingin mencangkok pengapian dan magnet dari generasi baru.

Berikut model bak kiri CB

bak kiri CB

Adapun model Cg sbb:

bak kiri CG

Pertanyaan selanjutnya, apakah dengan perbedaan teknologi mesin itu, CG tidak bisa di modifikasi CB wannabe? Di upgrade mesinnya menjadi mesin seri GL seperti halnya modifikasi CB agar power full atau yang lain? Sependek pengetahuan saya, CG tetap bisa di upgrade. Pertama, caranya mengubah sistem penggerak dari stik menjadi kamprat. Kedua, tetap mempertahankan sistem stik. Kedua cara ini tetap bisa dilakukan, meski ada tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jadi poinnya, CB dan CG yang identik tetap bisa saling melengkapi.

sumber : aibece.wordpress.com

OK, saya harap sobat pada ngerti tentang penjelasan diatas dan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang kendaraan klasik khususnya perbedaan honda CB dan honda CG

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Honda CB dengan Honda CG

0 komentar:

Post a Comment

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link