Pengertian Web 2.0
Web 2.0 ini sederhananya adalah website di mana konten atau isi website tersebut berasal dari pengguna internet itu sendiri. Jadi kalau kita memiliki sebuah website, biasanya kita akan mencari atau menulis sendiri untuk keperluan konten website tersebut, bukan? Anggaplah situs seperti itu adalah web 1.0. Nah, sementara kalau yang versi 2 itu, kontennya dari maysarakat pengguna internet. Sebagai contoh, sobat pasti kenal dengan situs-situs besar seperti Facebook, YouTube, MySpace, Friendster, dll. Isi website mereka merupakan postingan (konten) dari pengguna internet itu sendiri. Bahkan FORUM pun bisa dikatakan merupakan web 2.0 karena isinya adalah postingan dari pengguna internet itu sendiri.Nah, menurut hasil riset, 'robot' Search Engine sangat senang mengunjungi situs-situs web 2.0. Dan bahkan belakangan dia lebih banyak mengindex situs-situs seperti ini, yang dikenal juga sebagai Social Media Sites. Dengan kata lain, kita sebagai marketer, bisa menggunakan Social Media Sites ini sebagai ajang mencari link satu arah (dengan cara memposting sebuah artikel, video, audio, bahkan gambar/foto) melalui jaringan mereka dan nge-link balik ke situs kita tanpa kita harus nge-link balik ke situs mereka.
Keuntungan Web 2.0
Keuntunga dari web 2.0 yang lain? Tentu saja, karena Social Media Sites ini merupakan situs yang banyak dikunjungi, maka bukan hal yang tidak mungkin, selain kita mengharapkan traffic kelak dari Search Engine, kita juga bisa mengharapkan pengunjung tertarget dari traffic Social Media Site itu sendiri! Oleh sebab itu, saat kita melakukan posting di situs mereka, baiknya kita memberikan konten yang terbaik! Agar kita mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu mendapatkan link satu arah untuk kepentingan SEO, dan juga 'mencuri' traffic mereka yang sudah ada tanpa harus mengeluarkan biaya promosi!. Selain situs yang tanpa biaya, sobat juga bisa menggunakan situs pasang iklan gratis ini. Jadi logikanya, jika kita menemukan konten SEO yang bagus di sebuah website, pasti muncul rasa ingin tahu siapa yang menulis atau pembuat konten tersebut dengan mengunjungi situs pribadinya.So, pada saat 'sharing' konten di Social Media Sites, berikan yang terbaik. Satu hal yang perlu diingat oleh kita adalah: Social Media Site ada bukan untuk tempat promosi, tapi untuk tempat berbagi! Saat kita mau berbagi sesuatu yang disenangi oleh umum, maka traffic ke situs kita akan datang dengan sendirinya! Sebaliknya, jika kita kelihatan hanya ingin mendapatkan link satu arah, apalagi terang-terangan berpromosi, ini hanya akan merusak citra kita, dan kita bisa jadi di banned oleh Social Media Site bersangkutan! Jadi lakukanlah dengan bijaksana, jangan SPAM Social Media Site! untuk pengertian spam, silahkan baca : Pengertian SPAM, Komentar SPAM, dan SPAMMER
Tips : Usahakan jangan memposting sesuatu yang sebenarnya sudah ada atau duplikat seperti yang dibahas pada beberapa kesalahan web. Posting sesuatu yang baru, dan unik, apalagi hasil karya sendiri, ini lebih baik!. OK, sampai disini dulu ulasannya semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang pengertian dan keuntungan web 2.0
makasih infony sob..jdi nambah ilmu nih
ReplyDelete