Cara Memperbaiki Tablet Rusak dan Sering Restart - Ali Madura

Cara Memperbaiki Tablet Rusak dan Sering Restart

Tablet Rusak dan Sering Restart - Mengapa tablet saya sering restart? Mungkin pertanyaan seperti yang sering terucap untuk pengguna tablet yang mengalami Tablet sering restart/ mati sendiri bisa terjadi pada hampir semua merk, tidak soal tablet branded seperti samsung, acer, asus, HTC apalagi tablet lokal (buatan china) Advan Vandroid, Axioo, Beyond bpad, Cyrus pad, Imo, Movimax, Mito, Treq. Sebenarnya tablet sering restart sendiri itu normal, loh kok? Kami akan membahasnya disini mengapa demikian, dan apa penyebab kerusakan tablet pc android sehingga sering restart dan mati sendiri saat digunakan, muncul pesan error ‘Unfortunately System UI Stopped’ serta bagaimana cara memperbaiki tablet yang rusak seperti ini.


Cara Memperbaiki Tablet Rusak dan Sering Restart


Panas Penyebab utama Tablet Rusak dan Tablet Sering Restart

Salah satu faktor utama penyebab kerusakan phone tablet merk china/ lokal adalah susunan skema tablet android yang menggunakan rancangan embaded system, maksudnya semua perangkat dijadikan satu tanpa adanya add on hardware. Cpu, Gpu, Ram dan Storage memory semua jadi satu board sehingga semua panas yang dihasilkan berkumpul disini, dan ini diletakkan berdampingan dengan LCD touch screen yang juga sangat rentan terhadap panas. Ditambah baterai tablet yang juga menghasilkan panas, pada pc phone tablet murah malah ditempel langsung pada bagian belakang lcd touchscreen tanpa pendingin dan pembatas. Inilah juga yang menyebabkan lcd touch screen sering ngaco jika tablet panas.


Bandingkan dengan laptop yang memakai pendingin tembaga atau setidaknya berbahan alumunium. Kami pernah test menyalakan laptop tanpa kipas, dengan heatsink pendinginnya masih terpasang. Hasilnya setiap 5-10 menit pc laptop langsung restart, padahal kami belum menjalankan program apapun. Nah di tablet pc andoid murah hal ini diperburuk lagi dengan case tablet merk lokal yang rata-rata terbuat dari plastik murah, warnanya hitam pula! Silahkan pembaca coba pakai baju/ t-shirt warna putih dan warna hitam disiang bolong he he.
tablet restart sendiri

Perlu diketahui bahwa Hardware phone tablet+ lcd touchscreen+ baterai dll akan berhenti bekerja jika panas melebihi batas toleransi, maka tablet akan restart / mematikan diri sendiri agar hadware tidak rusak. Untunglah ada sensor panas yang bekerja dengan baik, kalau tidak maka tablet akan rusak terbakar dan tidak bisa digunakan lagi. Jadi bersyukurlah! mengapa? Sama seperti kita kalau demam ya harus istirahat bukan? bayangkan jika tablet tidak restart tetapi kemudian dalemannya hangus? Jadi tablet sering restart sendiri itu sensornya bekerja normal dan baik, sebagai pengingat agar kita memperhatikan masalah yang ada.


Cara Memperbaiki Tablet Rusak dan Sering Restart


Cara mengatasi/ memperbaiki penyebab tablet rusak dan tablet sering restart

Untuk memperbaiki penyebab phone tablet sering restart/ mati sendiri berbeda-beda caranya, mari kita coba membahasnya satu-persatu secara sederhana tablet rusak dan sering restart sendiri.


1. Tablet sering restart karena panas berlebih

Penyebab Utama: berbeda dengan PC dan laptop, phone tablet tidak memiliki pendingin /heatspreader dan tidak ada kipas untuk melepas panas. Jika melewati ambang batas suhu panas yang dapat ditoleransi, phone tablet android akan restart untuk melindungi kerusakan permanen.
Solusi Tablet Rusak dan Sering Restart karena panas:

Menghilangkan penyebab panas tablet adalah cara terbaik memperbaiki tablet sering restart. Apakah tablet dioverclock? kembalikan ke setting semula agar tablet tidak sering mati atau tablet sering restart lagi. Jangan Overclock Phone Tablet Android, Overclock=OverHeat. Kami bukan anti overclock tablet, tetapi kami menyarankan jika melakukan overclock perlu juga mengatasi effek panas yang akan ditimbulkan agar tablet pc android awet dan tidak gampang restart. Phone Tablet Android sudah dirancang sesuai kinerja yang paling stabil, bahkan beberapa vendor menurunkan speed cpu tablet lebih rendah dari spesifikasi agar tablet lebih awet.


Jangan langsung terbuai dengan mereka yang berhasil overclock phone tablet androidnya. Mungkin seminggu pertama overclock lancar dan kelihatan aman, bagaimana sebulan kemudian? 6 bulan kemudian? Overclock juga membuat baterai phone tablet lebih cepat rusak.


2. Ganti Baterai tablet baru
cara atasi tablet restart sendiri

Baterai Phone Tablet lithium Polymer yang sudah mulai rusak akan melepas panas yang lebih tinggi saat digunakan, yang menyebabkan tablet sering restart dan mati saat digunakan. Apalagi jika baterai tablet mulai menggembung atau bengkak, segera ganti dengan membeli baterai tablet baru. Mengganti baterai tablet baru juga akan memberikan arus listrik yang stabil, storage memory tablet sangat dipengaruhi oleh perubahan arus listrik dari baterai tablet yang tidak stabil. Baterai tablet yang rusak/ drop bisa terbaca full saat dicas namun sebenarnya kosong.


Baterai phone tablet menggunakan type lithium Polymer dengan sifat yang khas dan spesifik. Tahukah kita bahwa baterai ini dapat bekerja normal pada suhu max 60 derajat celcius? Diatas suhu tersebut baterai akan melakukan discharging secara otomatis. Itulah mengapa penggunaan pada suhu tinggi baterai phone tablet akan langsung drop/ restart karena beban daya yang keluar terlalu besar (karena pemakaian+karena panas berlebih). Beli dan ganti baterai baru di toko tempat jual baterai tablet terdekat.

3. Kekurangan memory RAM penyebab tablet Restart
cara atasi tablet rusak tablet restart sendiri

Jalankan aplikasi tablet pc android yang diperlukan saja. Kurangnya RAM membuat tablet sering restart dan mati saat digunakan dan pesan error : ‘Unfortunately System UI Stopped’ Bebaskan sejumlah memory ram agar tablet lancar menjalankan aplikasi menghindari tablet tidak restart/ mati sendiri saat digunakan karena kehabisan memory ram. Lakukan beberapa langkah sbb:


Cek Settings> Apps> Running, matikan/lepas saja aplikasi yang jarang digunakan.

Cek Settings> Developer options>pilh atau centang Dont’t keep activites

Cek Settings> Developer options> Background process limit> pilih atau centang No backgound processes


Lepas/ Uninstall aplikasi game

Menjalankan aplikasi game berat? lepaslah game yang menyebabkan GPU (chip pengolah grafis/ game) cepat panas sehingga tablet sering restart /mati saat memainkan game tersebut. Solusi cara lain adalah menggunakan aplikasi Chainfire 3D untuk menurunkan resolusi game yang berat. Sebaiknya jangan paksa phone tablet pc android memainkan game/ aplikasi yang memang tidak disupport. Merk phone tablet terkenal sperti samsung, HTC, Asus sekalipun memiliki spesifikasi tertentu yang harus diketahui.


Tutuplah aplikasi andriod dengan benar.
cara mengatasi tablet rusak

Tablet PC Android memiliki fitur multitasking, sebelum membuka aplikasi tablet android lainnya, tutup aplikasi dengan benar. Umumnya aplikasi game gratisan dari google play berisi banyak iklan yang dapat mengurangi memory ram. Pastikan tablet hanya menjalankan aplikasi yang dibutuhkan saja. Terlalu banyak aplikasi dan kualitas micro sd yang buruk dapat menyebabkan error Unfortunately System UI Stopped dan tombol macet/ hang. Menjalankan banyak aplikasi bersamaan artinya menggunakan memory ram dalam jumlah besar yang berpotensi tablet sering restart dan mati karena kekurangan ram.


Install aplikasi pc tablet Android yang kompatibel

Install aplikasi game dari situs tidak resmi juga beresiko menyebabkan tablet sering restart. Mengapa? Download aplikasi game phone tablet pc Android di situs resmi akan melalui beberapa proses verifikasi, jika game tersebut tidak cocok atau berpotensi merusak tablet pc android kita, maka permintaan downbload akan ditolak. Ada tablet untuk voice call/ nelpon dan sms, ada tablet khusus untuk game. Mungkin memory ram yang tidak sesuai, atau cpu yang kurang cepat untuk memainkan aplikasi game. Kalau kita download aplikasi game dari situs lain, proses verifikasi ini tidak ada. Resiko ditangan kita masing-masing.


Fakta bahwa aplikasi bisa dimainkan di phone tablet lain, belum tentu bisa juga berjalan normal dan aman di tablet android kita. Bahkan di merk yang sama sekalipun. Memaksa Tablet menjalankan aplikasi game yang tidak sesuai dengan hardware menjadi penyebab tablet sering restart. Semakin banyak aplikasi potensi konflik aplikasi system android untuk crash/ rusak semakin besar. Uninstall aplikasi yang jarang digunakan dan menonaktifkan setting fitur auto update apps juga akan mencegah aplikasi android konflik yang berpotensi menyebabkan tablet pc android sering mati sendiri saat internetan dengan tablet. Terlalu banyak apikasi juga menjadi faktor penyebab kerusakan tablet sering restart. Karena berbeda rom/ firmware android beda juga aplikasi yang cocok.


Solusi B: Mengatasi panas tablet agar tidak sering restart

Seperti kami sampaikan diatas, panas adalah penyebab utama tablet sering restart. Kami juga pernah memperbaiki beberapa tablet android merk terkenal, setelah diamati, ada perbedaan dalam cara merakit hardware tablet. Rata-rata tablet merk terkenal jarang mati sendiri saat digunakan/ restart karena memiliki lapisan tembaga/ aluminium pada bagian dalam case tablet pc androidnya. Tablet pc murah merk lokal tidak/ sangat jarang memilik heatsink /pelepas panas. Jadi tiru saja cara mengatasi tablet sering restart dengan menambahkan pelapis aluminium/ tembaga untuk meredam panas saat digunakan. Cara ini paling effektif yang kami gunakan apalagi jika tablet di overclok, wajib hukumnya. Hal ini juga mencegah baterai tablet bengkak karena bahan lithium polymer sifatnya cair mudah menggembung jika panas berlebih. Sayang perlu ketrampilan dan keberanian untuk membuka casing tablet dan memasang heatspreader/ pendingin tanpa terjadi korseleting.
cara perbaiki tablet rusak
Solusi Cara Darurat Tablet Rusak dan Sering Restart

Jika phone tablet Android pembaca restart karena panas, jangan langsung dinyalakan, biarkan dulu sebentar agar dingin. Memaksa tablet dengan langsung menyalakan kembali terus menerus justru dapat memperburuk keadaan. File system android rom firmwarenya bisa rusak/ aplikasi korup (hilang) karena tablet tidak mati (shutdown) dengan cara yang benar. Terutama pada aplikasi launcher sehingga tablet malah mengalami bootloop atau tidak bisa dinyalakan kembali. (setiap dinyalakan hanya berhenti di logo android saja). Phone Tablet sering mati dan restart itu seperti alarm peringatan, sama dengan tubuh kita sewaktu merasa sakit. Lakukan tindakan yang diperlukan agar tablet kembali sehat dan normal.


Lakukan salah satu atau beberapa cara memperbaiki tablet rusak diatas. Jika masalah tetap terjadi, kemungkinan tablet sudah mulai rusak hardwarenya, perlu teknisi tablet untuk memperbaikinya. Jika perlu lakukan hard factory reset agar tablet android kembali fresh.


Tips cara memperbaiki phone tablet rusak, sering mati atau tablet sering restart sendiri ini dapat diterapkan untuk semua merk baik, nexus, samsung galaxy tab-note, asus, sony maupun tablet pc buatan china/ lokal Advan Vandroid, Axioo, Beyond, Cyrus pad, Imo, Mito, Movimax, Treq dll. Semoga artikel penyebab dan cara mengatasi tablet sering restart /mati dan munculnya pesan error ‘Unfortunately System UI Stopped’ ini bermanfaat bagi pembaca tentang Cara Memperbaiki Tablet Rusak dan Sering Restart



Cara Memperbaiki Tablet Rusak dan Sering Restart

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Tablet Rusak dan Sering Restart

0 komentar:

Post a Comment

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link