Cara posting artikel sebagai pilar blog

Cara posting artikel sebagai pilar blog - Semua blogger sudah pasti tahu tentang postingan blog. Tapi tidak semua blogger tahu bagaimana memposting artikel sebagai pilar blog. Sedangkan untuk membangun pilar, disini ada 2 pondasi dasar. Yaitu membangun konten/artikel dan memasarkannya.

Untuk membangun konten blog, dibutuhkan tulisan yang berkualitas dengan membuat artikel pilar. Namun untuk membuat blog yang sukses dibutuhkan promosi blog dengan membuat alur komunikasi terhadap para netter sehingga sampai ke pilar blog. Baik berupa menggunakan diblog ini, Jasa Pemasangan Iklan Paling Murah ataupun via komentar. Tapi jangan sampai menbar SPAM. Untuk lebih jelasnya tentang SPAM, silahkan baca artikel Pengertian SPAM, Komentar SPAM, SPAMMER

Pemasaran merupakan cara membangun alur komunikasi yang akan membawa orang lain terhadap produk/blog yang kita miliki. Jika orang tidak tahu blog kita, tidak peduli seberapa baik konten tulisan kita, kita tidak akan mendapatkan pengunjung, baca 5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog (Terbukti). Kita harus memiliki keduanya yaitu Artikel pilar dan Alur komunikasi untuk berhasil. Apa itu artikel pilar, apa manfaat artikel pilar sebagai kontent blog, dan bagaimana strategi menulis artikel pilar?

Apa Itu Artikel Pilar?

Pilar ibarat tiang untuk membangun blog kita. Artikel pilar adalah tulisan blog, yang biasanya sebuah artikel biasanya berisi hal yang sangat penting. Tulisan Pilar atau Artikel Pilar, merupakan dasar untuk blog yang baik. Artikel pilar ini merupakan alasan mengapa orang ingin membaca blog kita di urutan pertama. Artikel pilar adalah nilai yang kita tawarkan kepada publik.

Apa Manfaat Artikel Pilar Sebagai Kontent Blog?

Artikel pilar akan membawa pembaca baru kembali dengan cepat dan membuat mereka jadikan link balik dari situs lain yang terhubung ke blog kita. Artikel pilar akan terus membawa lebih banyak pembaca dari waktu ke waktu yang kita dan orang lain rujuk ke sana, meskipun mungkin terkubur dalam arsip blog kita. Dan endingnya, pasti akan membawa trafik tinggi dari mesin pencari. Kita bisa membuat daftar di bagian yang terpisah seperti halnya halaman blog yang bersama dengan artikel pilar lainnya sehingga konten terbaik blog kita mudah diakses dan dengan jelas menunjukkan nilai kita. Hal ini tidak tergantung waktu, jadi dalam dua belas bulan ia akan tetap relevan dan populer. Baca Cara Membuat Konten Seo Friendly

Bagaimana Strategi Menulis Artikel Pilar?

Stateginya tidak menggunakan rumus apapun, beda halnya dengan pelajaran matematika ataupun yang lain. Tapi ada beberapa karakteristik yang bisa digunakan untuk Membuat Artikel Pilar Sebagai Konten Blog. antara lain :
  1. Artikel TIPS atau Bagaimana Caranya
  2. Ini adalah konsep artikel pilar blog menjadi pokok utama. Pikirkan tentang kompetensi kita dan tulis artikel yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu yang berhubungan dengannya. Sebaiknya tulis artikel TIPS tentang topik yang benar-benar kita pahami caranya dan pernah melakukannya atau mengalaminya. Sebagai contoh: Jika kita seorang petani, tulislah beberapa saran tentang cara bertani yang sukses dengan modal yang sedikit. Baca Punya Blog Ternyata Bikin Rugi
  3. Artikel Definisi atau Pengertiannya
  4. Banyak keahlian memiliki konsep kunci yang baru yang pembaca kemungkinan tidak tahu. Jika sebuah konsep rumit, buat sebuah artikel pilar yang mendefinisikan konsep, yang secara jelas menjelaskan apa arti konsep tersebut dan bagaimana konsep tersebut dapat dilaksanakan. Mungkin definisi tersebut kelihatannya sederhana dan jelas bagi kita, tapi ingat kita mungkin seorang yang ahli dalam bidang itu namun orang lain tidak, jadi jelaskan ke pemula tentang istilah tersebut secara sederhana dan, tentunya mudah dipahami oleh orang lain. Kita mungkin berkata mengapa harus repot membuat daftar istilah dan segala macam, sedangkan diinternet sudah ada ditempat lain seperti halnya Wikipedia? Tidak masalah jika kita membuat link ke situs-situs lain untuk definisi, terutama dalam jangka pendek bila baru mulai membuat blog, namun lebih baik jika nantinya menulis definisi sendiri. Hal ini akan menjaga pembaca tetap di blog kita, dan akan meningkatkan pageviews (jumlah total halaman pembaca melihat blog kita) dan lama kunjungan (berapa lama pembaca tinggal di blog kita). Kita dapat menjelaskan konsep dengan kata-kata kita sendiri, karen akan lebih baik menggunakan definisi versi kita sendiri
  5. Artikel berupa Teori, Opini Atau Pendapat
  6. Dalam hal ini adalah menyampaikan beberapa pemikiran kita yang unik. Berikan pendapat tentang isu utama dalam keahlian kita, atau bahkan pada topik utama yang kita duga akan membuat pembaca berminat. Coba untuk tidak hanya memberikan pengulangan apa yang dikatakan orang lain dan hadirkan secara jelas pendapat kita sendiri. Merangsang percakapan, mungkin kontroversi, tentang topik yang sering didiskusikan. Orang bilang, bahwa beda itu adalah anugerah.
  7. Artikel berupa ebook gratis (free report, e-course, atau whitepaper)
  8. Sebuah dokumen seperti whitepaper (dokumen kecil, 2-10 halaman, yang mengajarkan bagaimana melakukan) atau seri artikel yang digabungkan untuk menghasilkan e-course, adalah artikel pilar yang sangat baik. Kita punya beberapa pilihan untuk membuat Ebook ini, seperti: membuat file PDF yang mana semua pembaca bisa download. Manfaat dari metode ini adalah file dapat dengan mudah dishare (diteruskan melalui email misalnya) dan kita bisa mendapatkan keuntungan dari efek viral marketing, terutama jika kita menghasilkan e-book atau laporan berkualitas. Tulis isi ebook dalam beberapa tulisan blog dan hubungkan antar tulisan tersebut. Kita dapat juga menyorot mereka sebagai seri yang berdiri sendiri di arsip atau halaman artikel. Satu hal penting tentang konsep ini adalah dengan membuat solusi lengkap (semua-dalam-satu ebook) untuk masalah yang umum. Serupa dengan artikel TIPS, sumber gratis adalah konsep pilar yang sangat kuat karena menunjukkan keahlian kita dan membawa trafik secara konsisten.
  9. Artikel Berupa Daftar
  10. Sobat mungkin sudah penah membaca contoh di blog ini. Judul yang biasa adalah “ Cara Untuk | atasi | dll. Cara ini cukup baik dengan beberapa alasan:
    • Daftar mudah dicerna oleh manusia.
      Ini telah diuji dan dibuktikan bahwa artikel dengan jumlah kata 300-700, bila dibuat dengan daftar berupa titik, angka, panah, dll dan judul yang baik akan menarik trafik sangat banyak. Hal ini penting untuk pengunjung yang tidak punya cukup waktu untuk membaca semua artikel, dan hanya membaca poin-poin dari tulisan kita saja.
      • Daftar secara langsung dapat diterapkan.
        Orang biasanya senang berbagi daftar dengan orang lain. Konsekuensinya, artikel berupa daftar sering dijadikan link oleh blogger lain dan ditambahkan ke situs pertemanan (Daftar 250 Situs Social Bookmark), yang meningkatkan trafik. Berikan daftar diikuti semua standar konsep artikel pilar yaitu: tidak tergantung waktu, isi orisinil, ide pemecahan masalah dan bisa diterapkan secara langsung oleh pembaca, maka sebagian besar tulisan berupa daftar akan menjadi artikel pilar. Berhati-hati dalam membuat daftar pada topik yang telah dibahas dengan baik oleh orang lain atau pada konsep yang sangat sederhana. Seperti biasa semakin kita memasukkan cerita atau gaya penulisan yang unik, semakin besar kemungkinan daftar kita akan bekerja dengan baik.
    • Artikel berupa cetak biru teknis
    • Sebuah cetak biru teknis (technical blueprint) hamper sama dengan artikel TIPS (how-to whitepaper), tetapi terfokus pada aspek teknis dari sebuah masalah. Blogger yang terfokus pada teknologi sangat cocok membuat artikel berupa cetak biru ini, karena mereka suka menggunakan grafik, spreadsheet dan gambar untuk mendemonstrasikan bagaimana melakukan sesuatu. Artikel cetak biru adalah langkah demi langkah, yang secara visual mempercantik tulisan, dan mendemonstrasikan bagaimana secara tepat untuk melakukan sesuatu atau menyelesaikan suatu tugas. Seringkali gambar menceritakan lebih baik dari sekedar kata-kata. Desainer dan programer menggunakan gaya tulisan blog seperti ini untuk menunjukkan bagaimana mereka membuat kode suatu situs, mendesain gambar menggunakan photoshop, membuat kode software, atau kegiatan sederhana seperti bagaimana melampirkan attachment di email. Kita dapat menerapkan prinsip ini untuk hampir semua hal kegiatan yang memiliki tugas umum yang mungkin kompleks untuk dipahami. Dalam hal ini lebih banyak gambar dan hanya sedikit penjelasan. Jika kita memiliki akses ke sumber daya yang diperlukan, membuat posting blog dengan gaya cetak biru yang menunjukkan bagaimana melakukan sesuatu dengan jelas adalah konsep artikel pilar yang sempurna.

    Kesimpulan

    Cara-cara diatas ini mencakup beberapa konsep artikel pilar yang paling mendasar dan yang kuat yang dapat diterapkan ke blog sobat. Jika kita menulis artikel setiap hari menggunakan salah satu konsep di atas, kita akan memiliki landasan yang solid untuk membuat blog yang sukses. Yang perlu kita tambahkan tinggal memasarkan blog kita.

    OK. Sampai disini dulu Cara posting artikel sebagai pilar blog, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

    34 Comments

    1. konten yang berkualitas yang pastinya akan membawa visitor kembali ke blog kita,

      ReplyDelete
    2. Nice Sob... hadir dblog anda kembali.. hadir dengan membawa perdamaian... maaf baru mampir... :)

      ReplyDelete
    3. Kata kunci utama di ramu dengan kata kunci pendukung sesuai dengan diskripsi utama sebuah blog di olah dalam artikel yang menarik dan mudah dipahami akan menjadi pengunjung merasa senang dan berkesan untuk kembali dan kembali

      ReplyDelete
    4. mantep sob, menambah wawasan ane di dunia blogger,,,

      ReplyDelete
    5. mak cek lanjhengah kak artikellah, tp siiip kak.

      Kak, sengkok posang ka meta keyword dik sengkok, mon etengguh e seoanalyser.net bedheh kata-kata engak arriya kak (The Meta Keywords doesn't exist on the tested website SEO.
      Meta Keywords (<meta name="keywords" content="") tag doesn't have an impact on SEO ranking but some advertising services use this to target their ads. We think that 3 to 10 keywords relevant to your page content (most important words you see on the page) are enough).

      engkok pasang meta keyword cuma berdasarkan LABEL.
      Meta Keyword dik sengkok engak arriya kak. (Tutorial blog, blog tutorial,tips blog,seo blogspot,panduan membuat blog,software, kesehatan,news,resep makanan)
      Beremma se bhendher kak, tolong se pantes beremmah kak.

      kaso'on sebelumma

      ReplyDelete
    6. artikelnya sangat menarik sobat untuk memotifasi kita dalam membuat postingan yg bagus..

      nice artikel sobat...

      ReplyDelete
    7. This comment has been removed by a blog administrator.

      ReplyDelete
    8. Maaf kapten komentar garis depan sudah di kuasai bolegger lain

      ReplyDelete
    9. Blog ane cuma buat corat-coret, jadi gak usah posting yg serius2... Hehehe

      ReplyDelete
    10. panjang bgts tapi mau gmn lge udh di baca semuanya...
      dan akghinya membwa manfaat besar pada ane

      ReplyDelete
    11. @WahidBlog bener banget sob...itulah kunci dari trafik

      ReplyDelete
    12. @Black Angel Syndicategak apa2 sob. salam perdamaian juga. happy blogging

      ReplyDelete
    13. @Citrosblogmemang apa yang ente uraikan bener, yang lebih dikenal tekniknya

      ReplyDelete
    14. @Kinerja Guruseeef gan. yang sungkan tuk dateng kembali ke blog ini

      ReplyDelete
    15. @Rudy Hartonocoba pahami apa yang dibilang oleh sobat citorsblog. cz intina deskripsi gambaran umum deri blog. key : kata kunci yang kita bidik..semuanya terkumpul dalam setiap artikel
      kalo blog mau unggul, coba pake kata kunci yang persaingannya keyword sangat sedikit sedikit.
      kalo pemakaian key deri label, sebenarnya gak masalah..

      ReplyDelete
    16. @nabil balwellgak masalah komandan, thank dah mampir dan kasih koment

      ReplyDelete
    17. @Muhammad Fajarseeef gan, blogging sebenarnya gak usah serius ntar malah jadi pusing sendiri..nikmati dan jalankan

      ReplyDelete
    18. @KAPAK Comunityseeef..jangan pernah berhenti untuk berusaha dan terus berusaha

      ReplyDelete
    19. mampir pagi lagi di blog sobat terbaik, sembari menantikan postingan terbaru dari soabat...

      ReplyDelete
    20. penjelasan yg sangat detail sob :) menjadi pembelajaran buat ane, :)

      ReplyDelete
    21. wahhh dari semua jenis pilar di atas saya belum punya satupun.. nice info.. saya jadi mikir posting pilar yang mau saya buat apa ya.. :D

      ReplyDelete
    22. @Asis Sugiantoseeef sob...thank dah berkunjung...dan menyempatkan tuk berkomentar

      ReplyDelete
    23. @Rama88ya sob cz blog ini tetep berusaha memberikan yang terbaik buat para pengunjung blog ini

      ReplyDelete
    24. @WahidBlogseef sob, thank dah berkunjung. tunggu kunjungan dari ane gan

      ReplyDelete
    25. @jobkolombisa dimulai dari sekarang sob cz dengan begitu trafik akan meningkat

      ReplyDelete
    26. kalau cara posting agar banyak pengunjungnya gmna om???????????

      ReplyDelete
    27. mantap mas bro! nubitol numpang belajar nih ...
      salam kenal

      ReplyDelete
    28. kaso'on kang infona

      ReplyDelete

    Mohon diperhatikan
    1. No Spam
    2. No Link