Punya Blog Ternyata Bikin Rugi

Sudah beberapa hari vakum di dunia blogging karena banyak kegiatan offline yang menumpuk, akhirnya saya bisa update Gang Tutorial lagi. Postingan kali ini akan sedikit mengupas tentang tips trik blog. Karena terus terang, dari sekian kalinya saya blogwalking ke tetangga sebelah ternyata para sobat blogger bukan hanya punya satu atau dua blog, melainkan blog mereka lumayan menumpuk. Apalagi blog mereka sudah menggunakan domain berbayar.

Setelah saya telusuri, ternyata kebanyakan dari mereka malah bingung mau diisi apa blognya. Buat apa beli doamin lagi kalau isinya sama aja. Rasanya mubadzir, punya blog banyak, tidak keurus, apalagi sudah terlanjur beli domain. Mending beternak kodok bisa didengerin nyanyiannya tiap malam dari pada kita blogging hanya bikin rugi. bener gak?

Lalu bagaimana caranya biar tidak sampe terjerumus ke lembah hitam penyesalan membeli domain berbayar? Ini ada beberapa tips trik dari mak erot untuk ngatasi hal semaca itu :
  1. Pastikan kita fokus mau bikin blog apa. Tentukan dulu tema nya, mau tutorial blog, tutorial photoshop, tutorial coreldraw, tips trik komputer, tips trik blog, belajar SEO,  download software, ebook gratis, download template premium, jaringan komputer. Tidak lucu kan kalo misal kita sudah punya satu blog personal trus bikin lagi blog personal lagi. Lah wong kok hobi ngoceh di semua blog padahal ceritanya sama. Istilah nya tuh tidak ada targetted visitor-nya. Dan lagian capek blogwalking dengan membawa segerombolan blog, kecuali kalo emang temanya beda, tak iye.
  2. Kumpulkan terlebih dahulu materi. Dalam artian, sebelum membeli domain alangkah baiknya menulis materinya dulu di word (atau papan tulis) . Jadi pas sudah beli domain sobat tidak binun binun lagi, aduuh ini domain diisi apaan yach (isi kacang ijooo kaliii)
  3. Ada beberapa cara buat ngisi artikel, salah satunya emang pake free article. Meskipun ada cara tak terpuji namun terhina dengan copy paste mentah mentah. Namun akan tetapi, beberapa orang (diriku termasuk orang ga ya) , ingin blog nya diisi dengan tulisannya sendiri. Jadi, memang baiknya pilih tema blog yang sesuai keinginan, ketertarikan, dan kemampuan. Dijamin bosen dan mati ide, kalau maksain bikin blog yang kita sama sekali tidak suka topiknya. Kecuali kalau tekad nyari duitnya lebih gede ketimbang sekedar masalah suka dan tidak suka.
OK. Mungkin tiga aja tips nya yach. Pandangan di atas subyektif berdasarkan pengalaman diriku, tidak menutup kemungkinan sobat blogger sekalian mempunyai pandangan yang berbeda.

9 Comments

  1. wah, dalem mas artikelmu.
    tapi aku setuju kali dengan kalimatmu yang iki "Pastikan kita fokus mau bikin blog apa". tetap semangat mas

    ReplyDelete
  2. daku juga sampai saat ini masih pakai blog gratisan,kalau yang berbayar masih belum bisa di samping uangnya gak ada juga masih angin-anginan,kadang mau nulis kadang gak,salam love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  3. kalau blog saya temanya aa saja lah sob, copas juga nggak apa2

    ReplyDelete
  4. izin baca-baca

    kunjungan balik + koment balik ya :)

    ReplyDelete
  5. benar jg apa kata mas...tapi sebenernya mengenai isi blog atau kontent blog yang teman-teman miliki, dapat anda masukkan hobi ataupun cerita kehidupan teman-teman...
    Setiap manusia punya cerita yang unik, dan mungkin bagi 1 org tdk bagus, namun kadang bg org lain dapat m'jd inspirasi....

    ReplyDelete
  6. setuju kang.. saiia juga banyak nemuin blog2 dengan kepemilikan yg sama sampe bikin bingung perasaan uda masuk sini dsb dst.. lama tak basuo kang.. pa kabar iki?!?!

    ReplyDelete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link