Cara Atasi BIOS Samsung Tidak Mendeteksi Flashdisk

Cara Atasi BIOS Samsung Tidak Mendeteksi Flashdisk  - Beberapa hari kemarin kedatangan tamu dengan membawa notebook samsung NP-NC 108P yang tidak sudah bermasalah, anggapan pertama dikira hard disk sudah tidak sehat, pas cek kesehatan hard disk laptop ternyata masih normal. Anehnya lagi, untuk pertama kalinya saya menemukan kasus yang cukup janggal saat mau menginstall laptop tersebut yang membuat saya harus berpikir ekstra. Selama ini yang saya temukan semua jenis laptop memiliki BIOS yang memungkinkan untuk booting dari USB drive atau booting menggunakan flashdisk. Pada menu BIOS di bagian Boot Priority biasanya langsung tersedia semua device yang memungkinkan untuk booting, termasuk flashdisk.Tapi untuk Samsung NP-NC 108 tidak ada pilihan boot device selain dari hard disk alias BIOS Samsung Tidak Mendeteksi Flashdisk.

Penyebab BIOS Samsung Tidak Mendeteksi Flashdisk

Setelah cukup lama keluar masuk dan obrak-abrik isi BIOS untuk mencari penyebab BIOS samsung tidak mendeteksi flash disk, akhirnya menemukan titik terak untuk jawabannya. Jawaban yang sangat sederhana tangat membantu karena orangnya pun senyam-senyum-senyim yang awalnya kebingungan. Proses instalasi notebook samsung NP-NC 108P berjalan pelan tapi pasti.

Cara Mengatasi BIOS Samsung Tidak Mendeteksi Flashdisk 

Nah, untuk mengatasi BIOS Samsung Tidak Mendeteksi Flashdisk langkahnya sangat sederhana seperti yang sudah dikutip dibagian atas, yaitu ada dibawah ini :

Langkah-langkah Atasi BIOS Samsung Tidak Mendeteksi Flashdisk

  1. Nylakan notebook samsungnya tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS
  2. Soroti menu Advanced > Fast Boot Mode (seperti gambar dibawah ini)
  3. Cara-Mengatasi-BIOS-Samsung-Yang-Tidak-Mendeteksi-Flashdisk
  4. Ubah pilihan dari enable menjadi disable
  5. Keluar dari BIOS dengan memilih save change and exit. 
  6. Setelah itu, masuk kembali ke BIOS. Cek bagian booting priority yang terdapat pada menu boot
  7. Anda akan menemukan flashdisk Anda sudah terdeteksi. Dan sekarang Anda bisa mengubah urutannya agar notebook samsung bisa booting pertama dari flashdisk atau booting pertama dari USB Drive.
Kemungkinan masih ada lagi tipe-tipe notebook /laptop yang lain yang memiliki BIOS seperti ini, terutama laptop keluaran samsung. Dan yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah Fast Boot Mode dari Enabled menjadi Disabled.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba Atasi BIOS Samsung Tidak Mendeteksi Flashdisk

Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link