Biografi Howard Hathaway Aiken Penemu Komputer Digital

howard-aiken Biografi Howard Hathaway Aiken penemu komputer digital - Howard Hathaway Aiken lahir pada tanggal 8 Maret, 1900 di Hoboken, New Jersey. Namun demikian dia dibesarkan Indianapolis, Indiana dimana dia memasuki sekolah menengah umum di  Arsenal Technical High School. Setelah lulus dia melanjutkan pendidikannya di University of Wisconsin, dan menerima  gelar sarjana dalam electrical engineering. Selama perguruan Howar H Aiken untuk bekerja Madison Perusahaan Gas; setelah lulus dia diangkat menjadi kepala insinyur di sana.

Biografi Howard Hathaway Aiken

Pada tahun 1935 Howard Hathaway Aiken memutuskan untuk kembali ke sekolah. Dan pada  tahun 1939 ia menerima Ph.D. dari Harvard University. Sementara ia bekerja pada doktor dalam fisika Aiken yang mulai berpikir tentang membangun sebuah mesin untuk membantu dengan perhitungan yang lebih membosankan. Aiken mulai berbicara tentang itu dan ide untuk melakukan penelitian ke dalam apa yang dapat dilakukan. Dengan beberapa bantuan dari rekan-rekannya di universitas, Aiken berhasil meyakinkan IBM untuk membiayai proyeknya.

Ide ini adalah untuk membangun sebuah mesin electromachanic yang dapat melakukan operasi matematika dengan cepat dan efisien dan memungkinkan seseorang untuk menghabiskan waktu lebih banyak berpikir daripada bekerja atas perhitungan membosankan. IBM adalah untuk membangun mesin dengan Aiken yang bertindak sebagai ketua tim konstruksi dan donasi itu ke Harvard dengan syarat bahwa IBM akan mendapatkan kredit untuk bangunan itu.

Membangun tim yang telah menggunakan mesin IBM komponen yang sudah pernah wujud membutuhkan waktu tujuh tahun dan banyak uang untuk akhirnya mendapatkan mesin operasional. Penelitiannya sempat tertunda akibat dari intervensi dari Perang Dunia II. Secara resmi komputer hasil penemuannya yang disebut IBM Automatic Sequence Controlled Calculator tetapi sering disebut dengan Mark I. Setelah menyelesaikan Mark I, Aiken pergi untuk memproduksi lebih tiga komputer, dua di antaranya adalah listrik daripada Elektromekanik.
Aiken pensiun dari mengajar di Harvard pada tahun 1961 dan dipindahkan ke Ft. Lauderdale, Florida. Dia meninggal 14 Maret 1973 di St Louis, Missouri.

Sebelum diakhiri, baca juga Biografi Soekarno (Presiden Pertama Indonesia)

Semoga  bermanfaat ulasan tentang Biografi Howard Hathaway Aiken Penemu Komputer Digital

Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link