Cara Menggunakan dan Merawat Printer Tinta Infus

Cara Menggunakan dan Merawat Printer Tinta Infus - Setelah dipostingan sebelumnya gang tutorial share Cara Perbaiki Memori (RAM) Rusak dan Analisa Kerusakan Komputer Dengan BIOS, kali ini akan share tentang Tips Menggunakan dan Merawat Printer Tinta Infus. Kenapa? karena banyak para pemiliki printer menggunakan printer modifikasi alias tinta infus. Termasuk saya...he..he..

Baca juga : Cara mengatasi Masalah Umum Printer

Tinta infus merupakan tabung dengan tinta tambahan yang dipasang pada bagian luar printer dan dipasok kedalam printer melalui selang infus. Selang yang dipasang pada Printer Canon selalu dimasukkan kedalam cartridge asli. Lain halnya dengan Printer Epson, yang selangnya dipasang pada cartridge yang bukan asli. selangnya terdiri dari 4 warna, atau beberapa tipe printer epson memiliki lebih dari 4 warna.

Apabila sobat jarang memakai printer (seminggu sekali atau sebulan sekali) alangkah baiknya sobat tidak memasang tinta infus. Karena tinta infus biasanya mengalami masalah pada tekanan selang, disebabkan adanya perbedaan tekanan dengan udara luar yang bila dibiarkan cukup lama akan mengakibatkan turunnya tinta(tinta terputus-putus). Dan juga pada head printer akan cepat mengalami kerusakan, disebabkan genangan tinta yang selalu ada pada celah head printer. Genangan tinta ini muncul karena cartridge selalu berisi penuh tinta. So, sebaiknya gunakan saja tinta jenis suntikan atau refil karena headnya akan lebih awet.

Selain diatas, printer yang telah diinfus tidak ada lagi garansinya, karena infus printer adalah tinta yang bukan asli dari produk printer yang sobat beli. Tinta infus adalah modifikasi printer yang notabene tidak dilegalkan oleh produsen printer. Alangkah baiknya habiskan dulu tinta aslinya baru sobat menginfus printernya.

Sehubungan dengan judul diatas, jika sobat tetap mau menginfus printernya, maka perhatikanlah saran-saran berikut ini agar printer tetap awet adanya :
  1. Tempatkanlah tabung infus sejajar dengan head printer sobat. Hal ini bertujuan agar tekanan isap dari head printer yang mengambil tinta tidak terlalu sukar atau juga tidak terlalu mudah (Seimbang). Bila terjadi gelembung udara pada selang cukup gunakan fasilitas “cleaning” dari software printer tersebut. Maka kekosongan tinta tadi akan terisi kembali. Bila setelah di cleaning ternyata tinta tetap tidak naik, maka perhatikan selangnya apakah ada mengalami kebocoran, atau elbownya ada yang patah/retak, atau juga karet elbow mengalami koyak. Seandainya selangnya yang koyak, coba tambal lubangnya. Seandainya elbownya patah, maka ganti dengan elbow yang baru. Atau karetnya koyak juga ganti dengan yang baru. Satu hal yang perlu diperhatikan juga, bila sobat mengangkat tabung infus tinggi-tinggi maka itu adalah kesalahan, karena tinta akan terisi banyak kedalam cartridge dan akan menyebabkan melubernya tinta pada head printer. Selagi memperbaiki selang atau elbow harap ikat dulu selangnya dengan karet atau lakban agar tinta tidak meluber kemana-mana.
  2. Bila kualitas cetak tidak memuaskan, coba lakukan print nozzle check. Perhatikan apakah tintanya dapat keluar semua atau tidak. Coba lakukan cleaning satu atau dua kali. Bila ada tinta yang tidak muncul maka kemungkinan besar ada penyumbatan pada celah head printer sobat. Cara mengatasinya yaitu:
    • ikat dahulu selangnya agar tinta tidak meluber.
    • lepaskan selang dan elbownya dari cartridge printer.
    • Ambil selembar tissue dan coba tempelkan pada head beberapa kali sampai tintanya muncul ditissue.
    • Bila tinta tetap tidak muncul-muncul coba ambil suntikan dan hembuskan udara dengan suntikan tersebut melalui lubang cartridge secara perlahan sampai tintanya keluar.
    • Bila tinta dapat keluar dengan lancar, tetapi tidak muncul saat mencetak, maka pemompa tinta didalam cartridge yang bermasalah. Dalam hal ini cartridge harus diganti baru, karena tidak dapat diperbaiki. Hal ini disebabkan karena desain cartridge yang dikunci mati dengan head printer. Bila dibuka maka saat menutupnya kembali akan ada celah yang mengakibatkan udara masuk sehingga tabung infus tidak akan bekerja dengan normal.
    • Bila sobat telah selesai melakukan servis infus, pasang kembali selangnya dengan benar, jangan sampai selangnya tersangkut ketika printer akan digunakan.
  3. Apabila sobat baru pertama kali menggunakan tinta infus, maka suatu saat akan muncul suatu pesan error yang mengakibatkan sobat tidak bisa mencetak. Hal ini adalah normal, karena cartridge didesain oleh pabriknya memiliki umur cetak. Solusinya adalah tekan dan tahan tombol resume pada printer sobat selama 5 detik. Maka printer akan kembali dapat mencetak seperti biasa. Maksud dari menekan tombol resume, adalah mengabaikan pesan error tinta habis.
  4. Jangan kaget bila sobat mendapati bahwa status tinta di komputer sobat menjadi kosong setelah mencetak sekian lama, padahal tinta infus sobat masih banyak. Hal ini disebabkan karena sistem monitoring tinta pada cartridge adalah berbasiskan counter kertas yang diprint. Bukan berbasiskan monitoring banyaknya isi tinta cartridge. Jadi biarkan saja status tinta sobat kosong adanya, lagian sobat tetap bisa mencetak.
  5. Jangan lakukan cleaning terlalu sering, karena akan mengakibatkan penuhnya penampungan tinta buangan pada printer. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya error Absorber Full pada printer. Bila absorber printer sobat full, maka sobat harus mengganti absorber printer dengan yang baru atau mengeringkan tinta buangannya secara manual, dengan membongkar printer tersebut. Absorber tinta didalam printer berbentuk spons berbentuk balok panjang dan terhubung oleh selang pembuangan tinta printer. Jika sudah menservis absorber printer sobat, printer juga masih tetap akan menampilkan pesan error tersebut. Solusinya adalah dengan cara mereset counter absorber printer sobat. Untuk tipe Canon IP1980, IP1880, IP1700, IP1300, IP1200, cara mereset absorbernya sbb:
    • Matikan dahulu printer sobat (Power Off)
    • Cabut kabel powernya
    • Tekan dan tahan tombol powernya
    • Sambil menahan tombol powernya, pasang kabel powernya kembali.
    • Sambil menahan tombol powernya, tekan tombol resume 2x
    • Lepaskan tombol powernya
    • Hidupkan printer
    • Maka settingan absorber printer akan kembali 0
  6. Selalu tutup kembali infus sobat setelah selesai menggunakan printer. Hal ini bertujuan agar tinta tidak mengalir secara perlahan kedalam cartridge (Mengunci tinta)
OK. Sampai disini Tips Menggunakan dan Merawat Printer Tinta Infus, semoga bermanfaat dan semoga menambah pengetahuan sobat.Amin

19 Comments

  1. ada hadiah kecil untuk sobat tolong diambil ya ... makasih :)

    ReplyDelete
  2. printer punya ane masih pake catrid tp sebaiknya ane simpan dolo yang ini, cz ini penting sekali :d

    ReplyDelete
  3. Manfaat sekali sob ..
    thank ych!

    ReplyDelete
  4. sering saya "cleaning" bang...
    saya kira itu bagus buat si printer, trnyata gak yaah?
    pantesan sering error...
    makasih infonya bang...

    ReplyDelete
  5. saya ijin bookmark sobat, kebetulan di kantor semua menggunakan printer infus sobat,, makasih sudah di share sobat....

    ReplyDelete
  6. hadir kembali siang hari untuk nyimak artikelnya sobat :D

    ReplyDelete
  7. dateng lagi ni sob, meriahkan acara disini :D

    ReplyDelete
  8. saya beli printer langsung saya pasang infus, tapi setelah seminggu, pada saat ngeprint dikatakan "ink is running low" saya lanjutin aja ngeprint n hasilnya bagus,, setelah satu minggu kemudian saya ngeprint pesan tetap muncul seperti itu, dan hasil cetakan pun berubah menjadi kabur-kabur dan warna gak sesuai dengan yang dicetak,, apa yang salah ya,,???? :(
    tp,, makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah ane sama yg kayak gini nih, warna merah jadi hitam =(

      Delete
    2. coba lakukan cleaning dengan Klik properties > Klik Maintenance dan pilih cleaning
      dan Cek hasil cleaning tadi dengan mengklik Nozzle check – print check pattern

      Delete
  9. ijin share info bagi yang mau printer laser jet gratis, silahkan like Fanspage Facebook "AnugrahPratama.com" dan ikuti lombanya, sebelum 6 maret 2012. Terima Kasih

    ReplyDelete
  10. aku mw nanya nich,, print aku, aku pake sllu munculx sprti ini "ganti kartrij tinta dan tutup penutup pencetak. jika pencetak sedang berlangsung dan anda ingin melanjutkan pencetakkan tekan tombol stop pd pencetakkan selama sekurangnya 5dkt dgn kartrij tinta terpasang. kemudian pencetakan dapat dilanjutkan dlm kondisi tinta hbs. fungsi pendeteksian level sisa tinta akan didisfusikan. ganti kartrij tinta kosong segera setelah pencetakkan . kualitas hasil pencetakkan tdk memuaskan. jika pencetakkan dilanjutkan dlm kondisi tinta hbs".
    hmm mnta solusinya dong,, sya hrs bgaimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan dengan resetter dari jenis printer yang sobat pake kalo tidak mempan dengan cara resetter manual...

      terima kasih terlah mampir

      Delete
  11. thanks infonya bermanfaat
    salisalam sukses selalu,...

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link