Tahukan Anda Tentang Link Farming

link farming
Tahukan Anda Tentang Link Farming - Dari judul diatas sudah jelas ada kata link. Berbicara soal link, kadang langsung tertuju pada teknik seo, tapi jangan salah karena dalam membangun link ada yang white hat seo dan juga black hat seo. Terus bagaimana dengan arti link farming? Link farm adalah tindakan menciptakan suatu website / blog yang secara nyata diperuntukan untuk mengumpulkan Link-link dari alamat-alamat tertentu dalam arti lain sebuah halaman web/situs yang memiliki ratusan outbound link tanpa artikel dan hanya dikhususkan untuk itu. Tentunya hal ini mesin pencari sangat membencinya. Setidaknya Google yang sudah terang-terangan menentukan sikap. Halaman yang dianggap sebagai link farm otomatis akan mengalami degradasi nilai SEO, bahkan bisa di-banned dari index. Nasib yang sama juga akan dialami oleh situs yang mendapatkan tautan dari halaman link farm.

Berbahayakah link farming itu?

seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa dengan indikasi link farming, pihak search engine / mesin pencari seperti Google dll akan dengan mudah menutup akses (banned) hasil pencariannya ke situs link farm tersebut”. Ini mengingat link farm sangat mudah untuk disalahgunakan sebagai upaya mendongkrak ranking suatu situs/blog secara brutal.

Lalu apakah ini berarti kita mesti menolak setiap ajakan untuk tukar link misalnya? Tentunya tidak. Memasang dan bertukar link juga masih sangat bermanfaat untuk menaikan ranking dan popularitas. Maka dari itu, hal terpenting untuk dilakukan adalah memilah-milah link mana saja yang baik untuk blog. Link ke situs atau blog yang berkualitas dari segi popularitas tentu menjadi hal yang perlu dipertimbangkan nomer satu. Selanjutnya, bila memang usaha ini sepertinya menyenangkan buat pihak yang memiliki ranking lebih tinggi, kita boleh saja untuk bertukar link dengan alamat lain yang memiliki persamaan tema dengan yang kita kelola. Terus bagaimana kalau blog yang memiliki persamaan tema ternyata sulit didapat? Hal ini tidak begitu mutlak adanya persamaan, tapi paling tidak minimal ada kesamaan materi karena akan membantu untuk mengangkat posisi blog di mesin pencari.

Bagaimana cara menghindari situs link farming tersebut?

Secara periodik, cek lah melalui google situs apa saja yang me-link ke blog anda,dan berhati hatilah jika menaruh link situs anda pada situs orang lain, juga jangan sekali kali memberikan link dari situs anda ke situs lik farm tersebut,hati hatilah…

Kesimpulanya : Tidak perlu takut dengan saling tukar link. Gunakan hak untuk menerima dan menolak. Dari sini bisa kita lihat usaha bertukar link sah dilakukan oleh siap saja dan satu lagi, hindari link farming kecuali memang tidak peduli dengan mesin pencari.

Semoga bermanfaat ulansan tentang pengertian link farming.

9 Comments

  1. link farm dalam 1 halaman sama juga dengan ternak link

    ReplyDelete
  2. sy dapat banyak pengetahuan soal seo disini gan terus berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank atas suppornya gan.....jangan sungkan untuk mampir lagi

      Delete
  3. Mas berarti kebanyakan , jasa iklan gratis adalah link farm donk ,, atau tidak semua ... !! padahala baru aja saya masang link di jasa iklan gratis , amblas dah !!

    ReplyDelete
  4. oh gitu to, tengkyu ya gan udah mau berbagi sama blogger lain

    ReplyDelete
  5. wah, bahaya juga ya yg namanya link farming...
    Musti dihindari..
    Tq mas bro udah mau berbagi

    ReplyDelete
  6. wah bahaya juga ya. aku malah pakai arisan backlink. apa ini dilarang google juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. arisan backlink gimana gan maksudnya? yang perlu diperhatikan tentang situs yang mengandung link tersebut gan.........

      Delete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link