Cara Repair Windows Explorer.exe Error Atau Tidak Berfungsi

Cara Repair Windows Explorer.exe Error Atau Tidak Berfungsi - Sudah lama blog ini tidak share tentang perbaiki komputer, terakhir postingan tentang perbaiki komputer adalah Cara Install Windows XP Dengan Flashdisk. Tapi kali ini gang tutorial akan kembali share tentang permasalahan yang sering terjadi pada komputer, yaitu Cara Repair Windows Explorer.exe Error Atau Tidak Berfungsi.

Untuk pecinta windows, tidak menutup kemungkinan bahwa masalah windows explorer tidak berfungsi (hilang) pasti mengalaminya. permasalah seperti itu bisa terjadi karena beberapa faktor termasuk sumber daya sistem, dan kesalahan Kernel System.

Penyebab hilangnya Explorer.exe
  1. File Sistem rusak. Masalah ini dapat menyebabkan windows explorer hilang. Untuk mengatasi malah ini sobat bisa mengatasinya dengan menjalankan Scandisk untuk memperbaiki file yang rusak atau memori pada komputer sobat. Untuk menjalankan Scandisk, klik kanan ikon hard drive (“C” drive). Pilih pilihan menu, [Properties] dan kemudian klik menu tab [Tools] di bagian atas. Selanjutnya klik [Check Now] tombol menu untuk scan file-file komputer Anda untuk mengetahui kesalahan. Setelah diketahui, sekarang silakan lakukan REPAIR WINDOWS.
  2. Cara Repair Windows Explorer.exe Error
  3. System Resources Not Available. Hal ini disebabkan adanya kesalahan aplikasi Explorer.exe. Dalam hal ini biasanya dikarena komputer sobat terlalu banyak program yang aktif pada waktu yang sama. Sekarang ini walaupun bandwidth komputer kecepatan tinggi, banyak pengguna komputer mengisi hard drive mereka dengan film dan musik dan tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah dengan hard drive space sehingga dapat menyebabkan error. Sebuah solusi yang sederhana, adalah untuk membebaskan ruang harddisk sampai setidaknya 50% jika ini telah menjadi penyebab kesalahan pada komputer sobat.
  4. Komputer terinfeksi Virus atau Malware . Sejumlah virus komputer yang aktif di Internet dapat memicu kesalahan aplikasi explorer.exe. Virus menghilangkan windows explorer.exe dalam upaya untuk mencegah penghapusan virus dari komputer sobat. Cara pencegahan terbaik adalah menjaga program komputer dan update antivirus yang terinstall pada komputer sobat. Jika saat ini komputer sobat masih terinfeksi, silakan restart PC dalam “Windows Safe Mode” dengan menekan “F8″ untuk masuk Safe Mode. Setelah masuk Safe Mode, silakan menjalankan update program anti-virus sobat diikuti dengan scan penuh untuk membasmi virus.
  5. Aplikasi Komputer tidak kompatibel/tidak cocok. Penyebab umum lainnya dari kesalahan ini adalah instalasi perangkat lunak komputer yang tidak kompatibel dengan versi Windows yang berjalan pada komputer sobat. Cara untuk mengetahui apakah masalah ini penyebabnya, silahkan sobat unistal/buang prongram yang sudah terinstal dikomputer sobat (jika yakin kalau penyebabnya adalah program yang baru diinstal).
  6. Windows Explorer lambat. Jika sobat memiliki program komputer yang harus menunggu lama untuk mengakses jaringan atau media portabel, ini juga dapat menyebabkan kesalahan aplikasi explorer.exe. Jika penyebabnya adalah sumber daya jaringan, maka Anda mungkin ingin menunggu sedikit dan mencoba lagi. Jika portable media seperti DVD atau CD, silakan eject disk dan coba lagi.

Langkah Perbaiki Explorer.exe

Untuk memperbaiki windows explorer yang rusak atau error, silahkan lakukan beberapa langkah berikut:
  1. Jalankan task manajer dan coba dulu untuk menjalankan explorer.exe. Jalankan task manajer dengan menekan tombol [CTRL + ALT + DEL] sampai terbuka jendela baru. Pilih tab [Aplication] dan klik [new task] > kemudian ketikkan “explorer.exe” lalu klik [OK]. Jika explorer.exe hilang kembali sesudah komputer restart maka lalukan INSTALL REPAIR. Silahkan baca : Mengatasi Taks Manger Yang didisable, untuk mengatasi yang tidak bisa.
  2. Cara lain adalah dengan repair windows dengan system restore untuk mengembalikan pada kondisi tanggal sebelumnya. Salah satu cara sistem restore adalah melalui jendela task manager klik [new task] > [browse] dan cari [C:Windows/system32/restore/rstrui.exe] > lalu klik [OK].
  3. Cara membuka program atau file. Dalam keadaan darurat jika sobat tidak melakukan perbaikan, sobat masih bisa membuka program atau file anda dengan cara. Buka task manager klik [new task] > [browse] > [cari program di C:program files, atau dimana file tersimpan] lalu klik [OK]. Jika anda gagal membuka file maka penyebab masalah ini adalah VIRUS.
  4. Scan computer menggunakan antivirus yang terupdate dan terbaik. Disarankan agar scan dijalankan pada “SAFE MODE”. Setelah pada kondisi safe mode > buka task manager > klik [new task] > [browse] > [C:program files/”antivirus yg anda install”] lalu klik [OK].
  5. Repair windows dengan menggunakan CD windows anda. Mohon maaf karena cara ini terlalu panjang tetapi merupakan jalan keluar teraman dan terbaik.
  6. Terakhir, kalau semuanya gagal, maka sobat bisa pakai repair windows paling mudah dan aman. yaitu dengan install ulang secara total windows sobat. Sobat bisa baca : Cara membuat installer windows 7 dengan USB
OK. Sampai disini dulu, semoga bermanfaat dan selamat mencoba Cara Perbaiki Windows Explorer.exe Error Atau Tidak Berfungsi

16 Comments

  1. Terima kasih sobat atas share ilmunya..bermanfaat bagi saya yang masih awam mengenai komputer

    ReplyDelete
  2. Pena hadir dan absen siang gan...
    Caranya nantinya perlu dipraktekkan kalau terjadi error gan

    ReplyDelete
  3. simpan dolo ni sob, kale aja perlu kalau explorer aku ntar error

    ReplyDelete
  4. kalau saya biasanya menggunakan task manager sobat untuk mengmbalikan explorer yang bermasalah sobat...

    informasi sobat sepertinya bisa dicoba juga sobat.. maksih yach sob...

    ReplyDelete
  5. kalaw sya menggunakan explorer.exe untuk merestart windows tanpa restart....

    ReplyDelete
  6. meskipun aku sudah jarang bermain2 dengan windows tp ini memberi saya pengetahuan baru. Mudah2n bermanfaat ..
    Amin ..!!

    ReplyDelete
  7. @Outbound Malang OK. gan..lain kali semoga tidak terulang kembali

    ReplyDelete
  8. @cardiacku sama2 sob. apapun masalahnya asalkan punya kemauan pasti ada jalan keluar

    ReplyDelete
  9. @Asis Sugianto bener sob, semua softwre bisa dijalankan via task manager

    ReplyDelete
  10. @KAPAK Comunity bener sob, orang bilang "banyak jalan menuju rumah"

    ReplyDelete
  11. @Rhosy OK. tingkatkan bermainnya dengan linux khususnya ubuntu yang ente pake

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. wah lengkap banget mas tutorialnya.. alhamdulillah sekarang sudah bisa berjalan normal lagi nih.. explorernya.. terima kasih ya mas infonya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah kalo udah normal lagi, sama2 mas........

      Delete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link