Sudahkah Blog Sobat Terverifikasi Google?

Pada kesempatan kali ini gang tutorial akan share cara verifikasi blog ke google webmaster. Ya, walo tips trik blog ini sebenarnya bukan hal baru dalam dunia blogging, tapi siapa tau diantara sobat blgger masih membutuhkan tips trik blog ini. Karena yang jelas, pertanyaanya adalah "sudahkah blog sobat terverifikasi?" Kalo belon, silahkan baca hingga selesai.

Ok. Caranya ada di bawah ini :
webmaster tool1
  • Dan muncul pemberitahuan situs sobat sudah di tambahkan pada akun sobat ‘Your site has been added to your account’. Kemudian klik ‘ Back to home
webmaster tool2
  • Dan pada halaman home akan terlihat url situs atau blog sobat dan selesai mendaftarkan blog sobat ke google, lihat pada gambar ini :
webmaster tool3
  • Kemudian kita melangkah untuk memverifikasinya dengan metode meta tag, pada halaman home klik ‘Manage’ disebelah kanan url blog sobat dan pilih ‘Add remove or manage’ dan akan muncul metode yang akan dipilih silahkan pilih/tandai ‘Add meta tag to your site’s home page’ kemudian copy code meta tag yang di Intruksikan , lihat gambar di bawah ini :
webmaster tool4
  • Pada dashboard blogger sobat, klik ’Rancangan’ dilanjutkan klik ‘Edit HTML’ lihat halaman dasboard :
webmaster tool5
  • Pada 'Edit html' silahkan back up dulu template sobat dengan mengklik ‘Download template’ kemudian centang ‘Expand template widget’ dan Paste kode meta tag pada template perhatikan ‘Tempatkan kode meta tag tepat di bawah kode ‘’ kemudian klik ‘Simpan Template’ lihat gambar di bawah ini :
webmaster tool6
  • Untuk pengguna Wordpress silahkan masuk ke ‘Admin Wordpress’ dengan akun sobat pada Dashboard menu ‘Perkakas/Alat/Tool’ klik ‘Available Tools’ lihat gambar dashboard sobat :
webmaster tool7
  • Dan akan muncul halaman ‘Webmaster Tools Verification’ Paste code meta tag pada kotak Google Webmaster Tools lalu klik 'Simpan Perubahan' lihat gambar di bawah ini :
webmaster tool8
  • Setelah selesai silahkan kembali ke halaman google webmaster tools yang tadi sobat tinggalkan dan langkah terakhir klik ‘Verifiy’. Selesai.
  • Untuk melihat sukses tidaknya verifikasi blog sobat, silahkan kembali ke ‘Home’ google webmaster tools dan sobat akan melihat laporan detailnya dari goole webmaster tools ‘Verification details’ bila sukses ada tulisan 'Verification succeeded' lihat gambar di bawah ini :
webmaster tool9
Untuk tips dan triks cara verifikasi blog di Yahoo dan Bing caranya hampir sama dan lebih mudah sobat tinggal mengunjungi situsnya.

OK. Sampai di sini dulu cara verifikasi blog ke google webmaster semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



12 Comments

  1. kitak mas
    keng sateah yak la malem kok tak sempat macah kabbi
    takok tak asair dekkik

    ReplyDelete
  2. @ kholil al qusyairi : yo wes dung tedung la

    ReplyDelete
  3. @ kebojantan : sory sob sebelumnya tidak mengenalkan apa itu webmaster tool. Oya sobat bisa baca postingan selanjutnya biar lebih komplite

    ReplyDelete
  4. sudah sobb...
    makasih udah mau ngingetin ane.
    lha kalo cara ngasih tombol plus one di akhir kalimat posting gimana sobb?
    bngung nih, googling tiap hari gak nemu2.

    ReplyDelete
  5. alhamdulilah sudah mas...btw thanks inpona...

    ReplyDelete
  6. wahh keren tutornya gan tapi sayang disearch engine blog ane ssh ditemuin , kek msh malu2 , hehe

    ReplyDelete
  7. Ini dia yang saya cari-cari.akhirnya ketemu juga.Langsung dipraktekin kawan.Makasih mas tipsnya

    ReplyDelete
  8. Thanx.. Gan.. Ane Habis muterin mbah Google n coba berbagai cara, eh ketemu juga di Blog Ente. Sekali lagi thanx buanggetz...

    ReplyDelete
  9. Agan terimakasih atas artikelnya,nampaknya berguna banget buat gue yang newbi blog dan langsung Tkp dan salam kenal.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link