Cara Membatasi Disk Space Usage Pada Windows 7

Kalo tips trik komputer sebelumnya masalah dengan WPA. Sekarang akan membahas tips trik komputer yang lain. cuman kalo sobat masih belum tau apa itu WPA, sobat bisa lihat postingan sebelumnya di sini. Pemabahan kali ini adalah berhubunga dengan hard disk. sedangkan hard disk memang tidak mungkin lepas dari yang namanya sebuah komputer/ laptop. karena Hard disk merupakan perangkat yang dijadikan tempat penyimpanan semua file yang ada pada system komputer.

Semua merk hard disk (HDD) dari A-Z, pasti memiliki kapasitas (ruang). Semakin besar ruang HDD yang kita miliki, maka semakin leluasa kita menyimpan file dalam komputer. So. pertanyaan adalah : bagaimana kalo tiba-tiba ruang HDD kita menipis?. Oleh sebab itu, sobab silahkan baca psotingan ini hingga selesai. Karena pada tips trik komputer kali ini saya akan membahas cara menbatasi ruang yang di gunakan (Disk Space Usage).

Membatasi penggunaan HDD pada windows 7
Pada Windows 7, profile pengguna biasanya disimpan dalam “c: \ users \ username” (ganti username dengan nama pengguna). Profil ini mencakup semua data yang terkait dengan suatu pengguna. Sobat dapat menemukan “Desktop”, “Dokumen”, “Music”, “Video”, “Berkas pengaturan “, dll dalam folder profile tersebut.

Kita akan menggunakan utilitas built-in sehingga tidak perlu untuk men-download atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Langkah pertama adalah untuk membuka Group Policy Editor.
Klik tombol Start dan ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) di kolom pencarian.

Setelah jendela Group Policy Editr muncul, masuk ke “Local Computer Policy -> User Configuration -> Administrative Templates -> System -> User Profile”.
Pada jendela sebelah kanan sobat klik 2 kali pada Limit Profile Size dan akan membuka jendela konfigurasi pilih Enable.


 Pada bagian bawah, sobat dapat mengatur ukuran profil maksimum untuk setiap profil pengguna dan pesan khusus untuk menunjukkan ketika space HD pengguna terlampaui.
Untuk Windows sebelum Vista, ketika ukuran profil terlampaui, sistem tidak akan membiarkan pengguna log off sampai Ukuran profile direduksi menjadi dalam limit. Untuk Windows Vista keatas, pengguna masih bisa log off, tetapi mereka tidak akan dapat sinkron profile dengan server profile roaming.

Tips trik komputer ini hanya dapat digunakan dalam Ultimate, Profesional dan edisi Enterprise. Versi lain dari Windows 7, seperti Home Premium atau Starter tidak bisa. Dan Windows, dalam hal ini hanya mengendalikan ukuran profil. Tidak akan mengendalikan langsung sub folder drive C atau driver lainnya yang berbeda satu berisi sistem

OK. sekian dulu dari saya semoga bermanfaat

3 Comments

  1. rupanya memang harus memperhatikan masalah pembatasan penggunaan itu mas ya :) makasih tuk sharingnya mas :)

    ReplyDelete
  2. @ Majalah Masjid Kita : yups. kalo terjadi low space efeknya ke kinerja kompi sob

    ReplyDelete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link