Cara Mudah Membuat Kabel Crossover

Kabel Crossover merupakan salah solusi untuk menghubungkan dua buah komputer ke jaringan tanpa bantuan switch/hub. Namun jika sobat menghubungkan komputer lebih dari dua tentu saja sobat membutuhkan Switch/Hub sebagai alat bantunya. kali ini saya ingin membagi pengalaman tentang cara membuat kabel crossover untuk menghubungkan dua buah komputer.

Pertama
Siapkan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yang akan sobat buat menjadi kabel crossover panjangnya sesuaikan dengan kebutuhan sobat, buka penutup kabel pada kedua ujung kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) kemudian atur menurut aturan warna di bawah ini.
Jika gambar di atas kurang jelas lihat tabel di bawah ini untuk mencocokkan warnanya

Ujung 1 (Kiri)Ujung 2 (Kanan)
Orange PutihHijau Putih
OrangeHijau
Hijau PutihOrange Putih
BiruBiru
Biru PutihBiru Putih
HijauOrange
Cokelat PutihCokelat Putih
CokelatCokelat

Kedua
Siapkan connector RJ45 untuk ditancapkan pada kedua ujung kabel dan tang krimping untuk menjepit connector RJ45 agar menempel pada kedua ujung kabel tersebut. Pastikan kedua ujung kabel tersebut tepat menyentuh ujung connector RJ45 baru kemudian jepit menggunakan tang krimping supaya hasilnya benar-benar maksimal.
 
Ketiga
jika sobat punya kabel Tester untuk LAN alangkah baiknya dites dulu, tapi jika tidak ada langsung saja pasang pada komputer yang akan sobat koneksikan, jika berhasil konek berarti kabel OK jika tidak konek mungkin sobat perlu mengecek kembali kabel tersebut.
Semoga bermanfaat.....

Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link