Contoh dan Cara Menulis Kata Pengantar Yang Baik dan Benar

Alimadura.com Contoh dan Cara Menulis Kata Pengantar Yang Baik dan Benar - Kata pengantar sangat diperlukan oleh penulis dalam tulisan karya ilmiah, baik dalam makalah, menulis buku, membuat Annual Report atau Laporan Tahunan atau bahkan tugas akhir di pendidikan jenjang perguruan tinggi baik skripsi dalam S1, tesis untuk S2 maupun disertasi pada jenjang pendidikan S3 yang didalamnya akan terdapat sebuah kata pengantar dibagian halaman depan. Dan kata pengantar terkadang banyak basa basi yang disematkan dalam tulisan tersebut, lantas bagaimana menulis kata pengatar yang baik dan benar? oleh karena itu, silahkan lanjutkan bacanya dan tidak ada salahnya anda coba baca : Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar, Cara Menyusun Skripsi Yang Baik dan Benar dan Cara Menulis Cerpen Yang Baik dan Benar

Cara Menulis Kata Pengantar Yang Baik dan Benar

Kata Pengatar merupakan sepatah kata dari penulis yang disampaikan kepada pembaca mengenai isi tulisannya. Dalam sebuah kata pengantar biasanya diisi dengan harapan si penulis, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung apa yang telah ditulisnya, serta permohonan kritik dan saran yang membangun.

Terkadang dalam kata pengantar juga berisi ucapan terima kasih kepada istri, anak, ayah atau ibu dan kepada siapa tulisan itu dipersembahkan. Juga sedikit dijelaskan tujuan penulisan, apakah sebagai syarat tugas akhir dalam menempuh jenjang pendidikan tertentu atau alasan lainnya sehingga tulisan tersebut disusun.

Cara Menulis Kata Pengantar Yang Baik dan Benar

Secara garis besar sebuah kata pengantar berisi hal-hal sebagai berikut :
  • Ucapan puji syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.
  • Penjelasan mengenai sebab penulisan dilakukan.
  • Penjelasan mengenai metode pelaksanaan dalam penulisan tersebut.
  • Untuk penulisan tugas akhir diberikan penjelasan mengenai bimbingan dan arahan yang diberikan oleh seseorang, sekelompok orang, institusi, organisasi atau lembaga.
  • Ucapan terima kasih kepada semua pihak baik itu perorangan institusi, organisasi atau lembaga yang telah membantu.
  • Harapan-harapan si penulis atas tulisan yang dibuat tersebut.
  • Manfaat tulisannya kepada pembaca, permohonan maaf atas segala kekurangan dalam penulisan, serta kesediaannya untuk menerima kritik dan saran yang membangun.
  • Pada bagian akhir kata pengantar dituliskan nama kota, tanggal, bulan dan tahun serta nama lengkap penulis.

Contoh Kata Pengantar Terbaru

Berikut disajikan beberapa contoh kata pengantar yang bisa dijadikan referensi dalam membuat kata pengantar, Anda bisa mengeditnya dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Contoh Kata Pengantar makalah Pengaruh Internet terhadap Generasi Muda

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Alhamdulillahi robbil 'alamin. Segala puji hanya milik Allah SWT atas segala nikmat, rahmat dan karunia-Nya yang tak terhingga sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Pengaruh Internet terhadap Generasi Muda.

Makalah ini merupakan salah satu syarat dalam mengikuti pendidikan yang tengah penulis laksanakan. Penulis juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak terutama ayah dan ibu tercinta yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil sehingga makalah ini berhasil diselesaikan.

Kepada segenap pembimbing yang telah memberikan arahan, dukungan serta kesabaran dalam memberikan bimbingan kepada penulis, rasanya tiada kata yang pantas diucapkan selain terima kasih yang tak terhingga.

Tiada gading yang tak retak andaipun retak jadikanlah sebagai ukiran, begitupun dengan makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Untuk itu melalui kata pengantar ini penulis sangat terbuka menerima kritik serta saran yang membangun sehingga secara bertahap penulis dapat memperbaikinya.

Namun demikian penulis sangat berharap kiranya makalah ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar terhadap perkembangan IT khususnya pengaruhnya baik positif maupun negatif terhadap generasi muda. Generasi yang akan memimpin bangsa ini dimasa yang akan datang, dengan harapan menjadi pemimpin yang amanah dan menguasai teknologi mutakhir. Aamiin.Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pamekasan, 02 Juli 2013
Penulis,
Ali Madura


Contoh Kata Pengantar makalah Mengatasi Kemacetan Jakarta dengan MRT.

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas nikmat yang tak terhingga sehingga penulis dapat menyelesaikan sebuah makalah berjudul Mengatasi Kemacetan Jakarta dengan MRT. 

Tergerak oleh kondisi Jakarta sebagai Ibukota negara yang setiap hari dihadapi oleh persoalan yang sama yaitu kemacetan hampir diseluruh ruas jalan maka penulis memilih judul Mengatasi Kemacetan Jakarta dengan MRT ini.

Makalah ini disusun setelah penulis melakukan observasi dan penelitian kepada pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam masalah kemacetan lalu-lintas di Jakarta. Sehingga dengan data-data yang cukup penulis menyelesaikan makalah ini.

Penulis sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberi support dan bantuan terutama pada Dinas Lalu Litas Angkutan Jalan Raya (DLLAJR) Propinsi DKI Jakarta, yang telah memberikan banyak data yang penulis perlukan.

Kepada kedua orangtua yang dengan sabar memberi dukungan moril dan materil penulis menyampaikan rasa kasih sayang dan hormat yang tak terhingga, terima kasih Mama terima kasih Papa.

Dengan makalah ini penulis berharap dapat sedikit memberikan solusi terhadap problema kemacetan di Jakarta, meskipun penulis sangat menyadari banyak kekurangan disana-sini. Pada kesempatan ini juga penulis berharap kepada pembaca untuk memberikan kritik dan sarannya.

Semoga keikut sertaan kita dalam mengatasi persolan masyarakat ini dapat menjadi ladang ibadah kita. Aamiin.


Pamekasan, 02 Juli 2013
Penulis,
Ali Madura


Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, hanya karena berkat dan rahmat Nya maka dapat diselesaikan Laporan Tahunan (Annual Report) untuk TA 2011.  Dari laporan ini diharapkan masyarakat makin mengenal dan mengetahui tentang Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN).

Laporan tahunan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban Badan Pengawas Tenaga Nuklir atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya serta kewenangan sumber dayanya dalam membantu Presiden Republik Indonesia untuk menyelenggarakan tugas pemerintahan, khususnya di bidang pengawasan tenaga nuklir sebagaimana diatur dalam  Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran. Pengawasan tersebut bertujuan untuk mewujudkan keselamatan dan kesehatan pekerja, anggota masyarakat dan perlindungan terhadap lingkungan hidup.

Sejalan dengan pengembangan dan penguatan tatakelola, akuntabilitas dan pencitraan publik, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) terus meningkatkan  kinerja dengan antara lain melalui implementasi berbagai sistem dan prosedur pengelolaan anggaran, pengawasan penggunaan anggaran, dan pemanfaatan teknologi informasi antara lain melalui pengembangan Teknologi Informasi dengan menggunakan software legal dengan mengoptimalkan pemanfaat an software open source (FOSS).

Pencapaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) diperoleh untuk 3 tahun terus menerus, penghargaan dalam  Indonesia Go Open Source (IGOS) tahun 2009 dan peringkat pertama dalam ajang penghargaan  Indonesia Open Source Awards (IOSA) 2011 menunjukkan bahwa BAPETEN telah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerjanya.

Laporan ini diharapkan dapat memberikan gambaran obyektif kinerja satu-satu nya lembaga pengawas pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia pada tahun 2011 dan dapat menjadi acuan yang berkesinambungan dalam merencanakan dan melaksanakan fungsi pengawasan seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 10 tahun 1997. Kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses penyusunan laporan ini, baik dalam bentuk kontribusi data, penyajian penulisan laporan, maupun dalam bentuk kontribusi yang lain, kami ucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya.

Jakarta, 31 Desember 2011

Badan Pengawas Tenaga Nuklir

Contoh Kata Pegantar Buku Kesehatan Masyarakat
Kesehatan merupakan hal yang sangat didambakan semua orang, kaya, miskin, tua dan muda semua menginginkan hidup sehat. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan biaya yang besar untuk berobat ke dokter bahkan ke luar negeri, semua itu dilakukan karena ingin memiliki tubuh yang sehat.

Oleh karena itu disusunlah buku tentang kesehatan masyarakat ini. Hal-hal yang menjadi masalah dan kendala dalam memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat menjadi prioritas dalam penulisan buku ini, sehingga berbagai elemen masyarakat dan instansi terkait dilibatkan dalam mengambil data dan informasi sebagai bahan acuan.

Kami menyadari belum semua masalah kesehatan tertuang dalam buku ini, namun setidaknya dapat sedikit membuka wawasan kita bagaiman sulitnya masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Hal ini tidak luput dari biaya tinggi yang diterapkan beberapa rumah sakit besar sehingga tidak terjangkau oleh kalangan masyarakat bawah.

Diucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakan serta instansi terkait khususnya dinas kesehatan atas bantuan yang diberikan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas amal kebaikan semuanya.

Kritik dan saran sangat kami harapkan agar pada terbitan berikutnya dapat diperbaiki.

Magelang, Desember 2012
Tim Penyusun Buku Kesehatan Masyarakat.


Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir skripsi yang berjudul Peranan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatan Produksi Pangan Nasional.

Beberapa tahun yang lalu Indonesia sudah bisa melakukan swasembada pangan dan hal ini sangat menggembirakan dan membuat rakyat bangga karena kebutuhan makanan pokok dapat dipenuhi oleh produksi dalam negeri. Namun belakangan ini semua kebutuhan pokok nyaris diimpor dari negara lain, sehingga beberapa oknum memanfaatkan situasi ini untuk melakukan praktek kecurangan dalam proses impor pengadaan kebutuhan pokok ini.

Berdasarkan hal tersebut diatas penulis membuat judul skripsi Peranan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatan Produksi Pangan Nasional yang merupakan syarat dalam memenuhi tugas akhir mengikuti perkuliahan pada Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dalam penyusunan skripsi ini penulis dibantu oleh dosen pembimbing Ir. Pipik, M.Sc yang dengan kesabarannya membimbing penulis. Untuk itu penulis sangat berterima kasih dan semoga penulis berharap dapat membalas jasa dosen pembimbing.

Metoda pengumpulan data penulis lakukan dengan observasi, survey serta melakukan kuisioner kepada masyarakat petani khususnya di Kabupaten Bogor dengan pertanyaan seputar kegiatannya dalam mengolah pertanian, hambatan, kendala serta harap-harapannya penulis himpun untuk dijadikan bahan skripsi ini.

Oleh karena itu penulis sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik moril, materil serta tenaga sehingga terselesaikannya skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat membantu khususnya mengatasi rawan pangan di Indonesia. Kritik dan saran yang konstruktif sangat penulis harapkan untuk kesempurnaan skripsi ini. Yang benar hanya dari Allah SWT dan yang salah dari kebodohan penulis.

Pamekasan, 02 Juli 2013
Penulis,
Ali Madura

Demikian ulasan alimadura.com, semoga bermanfaat tentang Contoh dan Cara Menulis Kata Pengantar Yang Baik dan Benar

2 Comments

  1. Blog yang bagus lengkap dengan isinya ., nice ., ya salam kenal.

    ReplyDelete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link