Pengertian Shared dan Dedicated Memory Komputer

memory Pengertian Shared dan Dedicated Memory Komputer - Pada semua unit Komputer, Notebook maupun Laptop, memory memegang peranan yang sangat penting dalam hal performa, terutama saat menjalankan program-program yang berhubungan dengan grafis, baik itu video editing, desain grafis, ataupun permainan (Game). Menurut penggunaannya Memory di bagi menjadi 2 jenis yaitu Shared memory dan Dedicate memory:

Pengertian Shared Memory dan Dedicated Memory

  1. Shared memory: Disebut begitu jika video memory disatukan penggunaannya dengan system memory (RAM). Jadi secara fisik hanya ada 1 modul memory yang dipakai bersama oleh video graphics array (VGA) dan sistem.
  2. Dedicated memory: Sesuai namanya, Ada 1 modul memori yang hanya didedikasikan untuk penggunaan 1 instansi, misalnya VGA card. Ini berarti ada 2 modul memory dalam 1 laptop, modul 1 sebagai RAM sedangkan modul 2 sebagai VRAM (video RAM/video memory)

Perbedaan Shared Memory dan Dedicated Memory

Lalu, manakah yang lebih bagus ?
tentu saja, dapat dipastikan bahwa yang terbaik adalah tipe 2. Karena masing-masing proses dapat ditangani secara independen. Karena 2 proses berjalan pada waktu yang sama, maka bisa dibayangkan jika proses 2 perangkat itu (sistem dan VGA) digabung dalam 1 memory, maka akan terjadi kesibukan transfer data yang akan menurunkan kecepatan memory. Ujung-ujungnya, performance laptop terimbas.

Bagaimana caranya kita tau bahwa suatu unit pc menggunakan shared memory atau dedicated memory ?
Jika hal ini di tanyakan pada kebanyakan penjual, biasanya mereka bingung atau memberi jawaban ragu-ragu. Namun anda bisa mengecek sendiri yaitu dengan cara hidupkan windowsnya dan masuk ke system properties (terserah mau gimana masuknya) Asumsikan bahwa RAM laptop sebesar 1GB. Disana akan ada info prosesor dan besar memori yang terpasang. Nah, jika besar memori hanya tampil disekitar 700an MB, berarti tipe memorinya adalah shared (256 MB di potong video memory), akan tetapi jika yang tampil 0.99 GB (dibulatkan jadi 1GB) berarti termasuk tipe dedicated memory.

Baca juga : Atasi CMOS Checksum Bad (Press F1 to Run SETUP)

Semoga bermanfaat tentang Pengertian Shared dan Dedicated Memory Komputer

Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link