Cara Atasi Apache Xampp Tidak Bisa Running

Cara Atasi Apache Xampp Tidak Bisa Running - Di postingan kali ini akan kembali mengulas soal tips blog dan termasuk juga tips komputer, karena blog ini sudah bisa di katakan cukup lama tidak membahasnya. Buktinya postingan terakhir tentang tips blog adalah situs web 2.0 paling populer. Mulai beberapa postingan sebelumnya blog ini sering membahas yang berkaitan dengan  modifikasi motor dan download media pembelajaran. Terkait dengan masalah di atas, sobat masih ingat kan dibebepa postingan blog ini yang dulu yaitu  seputar xampp, seperti tutorial instalasi xampp dan cara instal wordpress ke komputer lokal? Jika sobat sudah sedikit lupa, alangkah baiknya sobat mampir ke postingan tersebut untuk mengingat kemabali, karena postingan ini berkaitan dengan postingan tersebut.

Nah, jika sobat sudah ingat kembali, kami akan sedikit berbagi pengalaman yang pernah dialami pada saat menggunakan xampp dan wamp dalam satu komputer. Akibatnya, control panel Apache dan MySQL XAMPP tidak bisa running alias tidak dapat diaktifkan. Dan kebetulan postingan ini juga sempat ditanyakan oleh salah satu sobat di sini (madura) yang mengalami masalah serupa. Akhirnya, mencoba bongkar koleksi artikel akhirnya dapet jawaban juga untuk mengatasi apache xampp yang tidak bisa di aktifkan. Kalau sobat mengalami juga, silahkan lanjutkan bacanya...
Apache Xampp Tidak Bisa Running

Cara atasi Apache Xampp yang tidak bisa running

Tapi sebelum memperbaiki apace xampp yang tidak running, alagkah baiknya sobat terlebih dahulu mengenal apa itu apache? Ingat ... apache yang ini bukan rokok apache yang baru muncul di pasaran ya, tapi apachenya software ...he.he..he.. Apache merupakan web service untuk PHP. Default port yang di gunakan web service tersebut adalah port 80. Jadi tidak memungkinkan bagi developer untuk menjalankan kedua service tersebut secara bersamaan oleh IIS (Intener Information Service) antara milik wamp dan xampp. Kita perlu merubah salah satu settingan port. Sedangkan IIS adalah service yang biasa digunakan untu web aplikasi ASP (Active Server Page). Jadi untuk mengatasi apache xampp tidak bisa running, silahkan ikuti langkahnya di bawah ini

Langkah mengatasi Apache Xampp yang tidak bisa running

Berikut adalah cara merubah settingan port pada Apache dari XAMPP

  1. Silahkan Lakukan perubahan pada file httpd.conf
  2. Buka file httpd.conf di C:\xampp\apache\conf\
  3. Kemudian cari kata “Listen 80” lalu ubah dengan “Listen 8080” (contoh)
  4. Masih di file yang sama, silahkan cari kembali kata “ServerName localhost:80” lalu ubah dengan “ServerName localhost:8080”
  5. Lalu simpan perubahan tersebut
  6. Kemudian buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\
  7. Lalu cari kata “Listen 443” lalu ubah dengan “Listen 4499” (contoh)
  8. Masih di file yang sama, silahkan cari kata “” dan ubah menjadi “
  9. Masih di file yang sama, silahkan cari kata “ServerName localhost:443” lalu ubah dengan “ServerName localhost:4499”
  10. Lalu jalankan XAMPP Control Panel pada C:\xampp\xampp-control.exe Klik Start pada Apache maka di kotak detail yang bawah muncul peringatan “Apache started [Port 80]”
  11. Terakhir, buka browser dan ketikan pada address bar http://localhost:8080/xampp, Jika berhasil maka Web Service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.
OK, akhiri dulu pembahasan soal xampp semoga bermanfaat dan selamat mencoba memperbaiki apache xampp yang tidak bisa running

6 Comments

  1. makasii kang buat inpo nya.. masalah teknis biasanya saiia nyerahin ke orang laen kang.. saatnya belajar nii :p

    ReplyDelete
  2. thanks a lot gan !!
    gara2 tulisan agan ane bisa lanjut nugas lagi
    td ane gak bisa start apache krna port 80 nya dipake sama app tak dikenal
    udah tak install ulang xamppnya gak bisa jg
    skali lagi thanks !! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah jika sudah normal kembali gan.........selamat bertugas kembali gan......

      Delete
  3. punyaku tetep blm bs gan,,, masih ada yang aktif,,, repot nich,, gmana cara mencari mematikan server yang aktif?

    ReplyDelete
  4. aku sudah melakukan prosedur sesuai petunjuk diatas,, tp tetep aja Apache blm bs running,,
    awalnya saya memakai xampp, terus skrg ganti dg wamp,, padahal xampp sudah saya unistall/dimatikan, tp tetep aja blm bs running,, gmana gan cara mencari server yg masih aktif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. utnuk mengetahui program yang sedang aktif silahkan cek di task manager > process dengan cara ctrl+alt+del

      Delete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link