Kucing Busok Madura, Kucing Unik Dari Madura

Kucing Busok, Kucing Raas atau disebut juga dengan kucing madura alis merupakan jenis kucing yang berkembang biak di salah satu kepulauan madura tepatnya di Kabupaten Sumenep, Madura, Indonesia. Meskipun sebagian orang beranggapan sebagai peranakan dari kucing korat dari Thailand meskipun warna bulunya sama namu yang paling membedakan di bagian ekor yang pendek serta bengkok. Hal tersebut merupakan ciri khas dari kucing kampung, Oleh karena itu, mungkin hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kucing untuk memilikinya. Bukan hanya karena keunikannya kucing ini juga dianggap memiliki tuah tersendiri.

Mitos Kucing Busok

Mitos tentang keramatnya kucing busok ini juga membuat orang terkadang berpikir berkali-kali untuk membawanya. Orang percaya bahwa kucing ini memiliki andil dalam kesuksesan, kesialan atau bahkan maut bagi sang pemelihara bila salah dalam menanganinya. Hingga kucing ini hanya bisa dimiliki oleh kaum bangsawan, pemuka agama atau tokoh masyarakat yang memang sudah diakui ketokohannya.

Memelihara Kucing Busok

Memelihara kucing busok dianggap akan memberikan kemudahan rezeki bagi sang majikan. Tapi tentu saja hal ini berkaitan dengan keyakinan tiap orang yang tidak mesti diperdebatkan. Bahkan keturunan kucing ini sendiri pun dijaga keasliannya, hingga tidak dibenarkan untuk dibawa keluar dari Madura. Bila hendak berniat membawa pulang kucing ini, maka kucing tersebut harus dikebiri terlebih dahulu.

Banyak pecinta kucing lokal dan internasional yang mencoba untuk memiliki kucing ini dikarenakan kompleksnya variasi genetik yang dimilikinya. Kucing busok yang paling banyak penggemarnya adalah kucing busok berwarna abu-abu yang diyakini memiliki derajat paling tinggi. Kucing busok berwarna abu-abu ini nantinya bisa dijadikan persembahan, hadiah atau kado kepada orang yang dihormati atau orang yang memang sangat menyangi hewan berkumis panjang ini.

Ciri-Ciri Kucing Busok

Untuk ciri ciri Kucing busok sama dengan kucing hutan. Kucing Busok adalah jenis kucing yang selalu terlihat anggun dan berukuran sedang namun ukurannya lebih besar dibanding ukuran ras kucing pada umumnya. Wajah kucing busok memiliki bentuk agak persegi ditambah dengan dagu yang agak tirus atau meruncing. Telinga kucing busok juga terlihat lebih panjang dan runcing. Kucing Busok memiliki ukuran ekor yang panjang sedang dengan bagian ujungnya yang sedikit bengkok. Kucing Busok memiliki warna mata yang hijau tua berbentuk oval dan matanya tidak begitu lebar dengan kaki depan lebih pendek ketimbang kaki belakang

Kucing Busok berbulu pendek serta halus dan lembut bila disentuh. Kucing Busok memiliki corak warna solid (polos) dan dua warna dengan dua warna bulu, yaitu biru (abu-abu) dan cokelat. Namun warna cokelat atau yang disebut dengan kecubung janrang ditemui.

Populasi Kucing Busok

Beberapa tahun terakhir populasi kucing busok di tempat asalnya dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Hal ini di sebabkan karena banyaknya peminat yang membawa keluar dari luar pulau raas sendiri atau mengalami kematian. Info yang saya terima hanya berkisar +-100 ekor kucing busok. Oleh karena itu, jika tidak ada pengembang biakan sangat dimungkinkan akan mengalami kepunahan kucing busok itu sendiri

Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link