Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools

Alimadura.com Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools - Perlu ngga yah, kita melakukan submit sitemap? Kalau blog sobat memiliki otomatis sitemap sih, ngga submit juga ngga apa-apa. Tapi hampir dipastikan Blogger.com perlu untuk melakukan submit sitemap. Dalam pengertian sederhana, Sitemap blog merupakan peta halaman situs blog sobat. Membuat dan mengajukan Sitemap membantu agar Google mengetahui tentang semua halaman di sebuah blog, termasuk URL yang tidak dapat dicover oleh Googlebot dalam proses normal. Submit sitemap blog ke Google berfungsi untuk memberikan semua informasi secara rinci mengenai seberapa sering sobat memperbaharui halaman blog, tanggal terakhir modifikasi blog dan yang paling penting adalah google search engine akan melakukan update terhadap blog sobat setiap terjadi pembaharuan.

Google Webmaster Tools adalah sebuah alat dan media yang digunakan google untuk berkomunikasi dua arah antara pihak google dan kita sebagai webmaster. Tool ini juga merupakan media untuk mempromosikan blog ke google, tentunya dengan melakukan beberapa optimasi terhadap blog sobat agar lebih bersahabat dengan SEO terlebih dahulu. Tentang tool-tool SEO lainnya dapat sobat baca pada posting "Gratis 7 SEO Tool".

Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools

Adapun langkah-langkah mendaftarkan blog ke google webmaster adalah sebagai berikut :
  • Pastikan sobat telah login ke account Google, kemudian klik di sini untuk memulainya
  • Masukkan alamat blogger sobat dan klik "Tambahkan Situs" (tunggu beberapa saat sampai alamat blog sobat tampil Dasbor)

  • Klik alamat blog sobat dalam dasbor, maka akan ditampilkan halaman berikut :

  • Pada tab tools silahkan pilih menu Manage Site verifikasi, kemudian pada box pilihan silahkan pilih Add a meta tag. Ccopy paste code tersebut ke halaman Edit HTML sobat dan letakan kode ini diantara tag ... . Jika sudah simpan blog, kemudian kembali ke google webmaster lalu tekan command Verified. sampai disini sobat sudah sudah berhasil melakukan verifikasi.
  • Pada tab Peta Situs --> Tambahkan sitemap http://alamatblogsobat.blogspot.com/feeds/posts/full, pada kata yang berwarna hijau merupakan tambahan peta situs blog sobat.


Untuk blogger sendiri ada 4 format default feed yang bisa digunakan sebagai cadangan sitemap:

Atom.xml
Rss.xml
feeds/posts/default
feeds/posts/default?alt=rss


Posting yang berkaitan : "Mengoptimalkan Google Webmaster Tools" by O-OM


Catatan :
Google akan melakukan indeks terhadap sitemap yang sobat masukkan dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Apabila peta situs tidak benar, maka Google akan meng-informasi-kan bahwa terjadi galat dalam sitemap sobat.

Semoga bermanfaat dan selamat men-submit Sitemap Blogger.com di Google Webmaster Tools

3 Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link