Jangan Hanya Copy Paste Saja

Pada kali ini, saya akan menyampaikan sesuatu dan mungkin bisa untuk semboyan blogger indonesia, yaitu Jangan Hanya Copy Paste Saja. Itulah kalimat yang saya sampaikan pada semua blogger Indonesia. Boleh, kita mengintip atau mencontek blog lain sebagai motivasi ataupun ide untuk menulis. Asalkan tidak sepenuhnya kita jiplak habis. Sebagai blogger biasanya memilki etika yang baik. Hal ini biasa saya temui pada situs yang setiap detik atau menitnya update postingan. Entah, itu AGC (Auto Generate Content) atau memiliki penulis yang banyak. Tidak disangka biasanya blog tersebut hasil dari jiplak dari ide penulis blog lain. Wah, memang banyak orang bilang kalau blogger indonesia adalah budaya copy-paste dan duplikat konten, ternyata tidak juga loh.. itu hanya sebagian besarnya saja... tetapi jarang saya lihat seperti blog yang artikel menarik tetapi update postingan seperti layaknya blog tersebut adalah hasil dari postingan yang dibuat penulis itu sendiri.

Saran saya adalah sebaiknya sobat mencantumkan alamat asli/url asli si pembuat/penulis artikel tersebut, apa bila sobat ingin mencopy-pastenya. dan lagian si embah juga gak suka sama konten yang hanya copy-paste saja. Atau sobat dapat meminta ijin terhadap si penulis artikel. Itu lebih baik menurut saya, dari pada copy-paste secara diam-diam. Wah.. lebih malu lagi, tuh kalau si penulis tahu. Hehe..*Piss

Jika menurut sobat artikel yang ada pada blog ini bisa bermanfaat, silahkan copy-paste dan menyertakan alamat url asli artikelnya. Mungkin ini adalah hanya sekedar opini saya terhadap etika copy-paste artikel maupun lainnya. Semoga sobat yang membaca tulisan saya ini bisa taubat, apabila benar-benar merasa salah, dan Jangan Hanya Copy Paste Saja.

Semoga bermanfaat dan terimakasih

2 Comments

  1. Izin Copas yah boz,,

    Link sumber pastinya akan dicantumkan....

    makasih....

    By. http://upotency(.)blogspot(.)com/

    ReplyDelete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link