Ketika File *.Exe Dianggap Tidak Ada

Kali ini saya akan membahas masalah file *.exe. cuma alangkah baiknya anda juga baca tentang kebiasaan virus. Kembali ke laptop (mas tukul : red) Apa jadinya kalau file *.exe dianggap tidak ada oleh windows ??.. Kenyataannya, seluruh program yang biasa kita operasikan mengandung ekstensi .exe.

Pada kondisi ini tentu anda kebingungan, karena program apapun yang anda buka menampilkan pesan yang sama, seperti gambar berikut :

Gambar : Pesan eror yang muncul ketika membuka regedit

Pesan menjengkelkan itu mengatakan bahwa “ Windows tidak menemukan regedit , pastikan anda mengetik namanya dengan benar….. ”. padahal anda sudah sangat yakin, file itu pasti ada.

Pesan diatas muncul waktu saya ingin membuka Registry Editor yang biasa dibuka dengan perintah regedit dari Run . Yang jadi masalah, pesan itu akan selalu muncul setiap anda membuka program. Karena program yang terinstall di windows umumnya menggunakan ekstensi .exe .

Sementara itu, saat ini anda sedang dalam misi pemberantasan virus. Wow, tentu anda akan sedikit stress dan mungkin sedang berfikir untuk menginstall ulang dengan cepat. J Jangan menyalahkan diri sendiri dulu, santai aja.

Penyebab

Proses eksekusi seluruh file dengan berbagai ekstensinya, diatur dengan sangat rapi oleh Registry. Istilah pengaturan ini adalah Handle File . Sehingga, setiap ada masalah apapun yang berhubungan dengan “ kegagalan dalam membuka file ” harus dicari instruksi peng- handle file -nya dari Registry.

Lho mas, kan Registry itu berekstensi .exe . Wong sekarang ceritanya registry tidak bisa dibuka ?.... iya iya .. tenang dong, kan mau dikasih solusinya. Pada kasus ini yang menjadi sorotan adalah file dengan ekstensi .exe . Jelasnya, ada perubahan nilai pada peng- handle file exe , dan itulah yang harus anda cari.

Perubahan nilai tersebut ada di :


Gambar : HKEY_CLASSES_ROOT\exefile\shell/open/ command

Normalnya, key command akan mempunyai key value Default dan bernilai "%1" %* . Jika nilai dirubah, maka file dengan ekstensi exe tidak bisa dieksekusi (atau kalau bahasa kampong saya “ tidak bisa dibuka ”). Dan windows akan menampilkan berbagai macam pesan kesalahan, misalnya dianggap tidak ada ( Windows cannot find..… ) . , Error Loadng Pass , atau bahkan menampilkan pesan Open With , dimana anda wajib menentukan dengan program apa anda harus membukanya. Seperti pada gambar berikut :

Gambar : Pesan Open With yang muncul ketika membuka Regedit


Gambar : Pesan eror ketika membuka program atau file berekstensi . exe

Pokoke, nilai "%1" %* merupakan nilai yang seharusnya menempati key value default tersebut. Sehingga, jika ada perubahan sedikitpun harus segera dikembalikan ke kondisi semula.

HKEY_CLASSES_ROOT\ exefile , merupakan pusat pengaturan eksekusi seluruh file dengan ekstensi exe . Hal ini, seperti apa yang saya bicarakan sebelumnya, bahwa segala file di windows ada yang mengaturnya yang dikenal sebagai Handle File .

Pembuktian

Sebelum melakukan pembuktian, sebaiknya anda harus membackup terlebih dahulu key registry yang akan dimanipulasi dengan cara sebagai berikut :

   1. Buka Registry, dan langsung masuk ke HKEY_CLASSES_ROOT\exefile
   2. Klik exefile
   3. Klik menu File dan pilih Export
   4. Tentukan di folder mana file backup akan ditempatkan, misalnya MyDocuments
   5. Simpan dengan nama exefile dan klik Save
   6. Sekarang tutup Registry Editor (lihat gambar)



Gambar : Menentukan key yang akan dibackup
Gambar : Memilih perintah Export untuk membuat file backup dengan ekstensi .reg
Gambar : Menyimpan file backup dengan nama exefile di MyDocuments

Untuk membuktikan manipulasi ini, lakukan langkah berikut :

   1. Buka Registry, kemudian masuk ke :
   2. HKEY_CLASSES_ROOT\exefile\shell\open\command
   3. Rubah nilai "%1" %* menjadi apa aja, misalnya diganti dengan teks ehm , gula jawa , kebo , ayam , bebek J J J atau apapun
   4. Tutup Registry, kemudian refresh beberapa kali
   5. Sekarang, coba anda buka Registry lagi, apa yang muncul ? atau coba buka salah satu program favourit anda, misalnya Winamp . Apa yang terjadi ?.... mmmmm keren kan ? …. J J
   6. Untuk mengembalikannya, buka MyDocuments dan doubleclick pada file exefile.reg , pilih Yes dan klik OK pada konfirmasi yang muncul.
   7. Registry anda normal kembali

Solusi

Sebelum memasuki solusi, coba anda lakukan hal-hal berikut :
- Buka file .doc anda (file yang dibuat dengan Microsoft Word), file .htm / .html , yaitu file yang ber-icon Internet Explorer dan file .txt , yaitu file text yang dibuat dengan notepad


Gambar : Icons

Sekarang lakukan hal-hal berikut :

- Buka program Microsoft Word , Internet Explorer dan Notepad

    Apa bedanya ?...

    Ternyata, pada opsi 1, semua bisa dibuka dengan normal. Tapi, ketika membuka opsi 2 (Program-program yang menunjang opsi 1) ternyata tidak bisa dibuka.

Maka, solusinya adalah bagaimana caranya agar anda mati-matian memasuki Registry, atau minimal menyentuh Registry dengan cara lain, supaya nilai peng- handle file .exe -nya bisa dinormalkan. Untuk melakukan sentuhan ini bisa dengan cara script .inf .

Kalau kasusnya mudah, maka bisa saja diatasi dengan file reg yang baru anda buat tadi. Tapi, untuk kasus lain yang lebih rumit, anda bisa menggunakan scritp inf atau vbs . Dan kedua script tersebut bisa dibuat dengan notepad. Silakan baca kembali Konsep Penulisan Script .

Bagaimana dengan ekstensi lain ?, anda mau coba otak-atik ? ….. coba aja, jangan takut, asal anda sudah membackup terlebih dahulu apa yang akan dimanipulasi.



Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link