Flashdisk dan CD-Rom butuh Driver???

Biasanya, pada windows XP, flashdisk akan langsung terdeteksi tanpa masalah sedikitpun, apalagi sampai harus minta driver. Hal itu disebabkan karena Windows XP telah mengembangkan teknologi Plug n Play-nya (selanjutnya disebut PnP), dimana setiap hardware yang masuk dalam daftar plug n play akan langsung terdeteksi tanpa melalui prosedur installasi driver. Salah satu jenis hardware PnP adalah flashdisk.

Adalagi yang lebih menjengkelkan, yaitu ketika computer kita ganti monitor baru, ternyata butuh driver, padahal windowsnya sudah XP. Ada apa ini ???

Services Plug n Play

Services windows yang melayani hal-hal yang berbau PnP (bukan bau jengkol …) adalah Universal Plug n Play Device Host yang bisa kita lihat dengan mengetikkan perintah Services.msc dari Run .



Pengetikan services.msc dari Run


Services Universal Plug n Play Devices Host

Sebagai solusi, coba lakukan langkah berikut :

1. Klik start, pilih Run
2. Ketik Services.msc dan klik OK
3. Beberapa saat kemudian muncul lembar kerja Services. Perhatikan jendela sebelah kanan dan cari Universal Plug n Play Devices Host .
4. Klik kanan di servce tersebut dan pilih Properties


Properties Services


Pada kolom Startup Type pilih Automatic , kemudian klik tombol Start pada Service Status .

1. Klik Apply dan Ok .
2. Restart computer anda

Sekedar mengingatkan, artikel ini bukan ditujukan untuk flashdisk yang tidak terdeteksi, tapi khusus ditujukan untuk Flashdisk atau media removable Plug n Play lain yang ketika dipasang di windows terdeteksi tapi butuh driver.

Kalau masalahnya tidak terdeteksi, mungkin sebaiknya anda ganti flashdisk.





Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link