Cara Setting Permalink Blog Wordpress

Cara setting permalink blog wordpress – Setelah di postingan sebelumnya gang tutorial sudah kupas tentang hal yang wajib diketahui para blogger, sekarang akan kupas tips blog yang lain. Nah, pada tips dalam optimasi blog adalah tentang langkah-langkah setting permalink wordpress. Setting permalink mudah dilakukan, tapi jika salah dalam settinganya maka efeknya akan terasa seumur hidup oleh blog sobat.

Mengganti struktur permalink dapat dilakukan satu kali saja. Kenapa? Apabila postingan sobat sudah banyak di index oleh mesin pencari, maka ada sedikit resiko yang harus ditangung apabila mengubah permalink setelah postingan blog sudah banyak, yaitu bisa menimbulkan lamanya dalam pengindekan blog serta dapat menimbulkan broken link yang notabene mesin pencari sangat tidak menyukai hal tersebut.

Bagaimana untuk melakukan setting permalink pada blogger atau blogspot? kebetulan sampai saat ini untuk cara setting permalink pada blogger kayaknya tidak bisa. Jika sobat masih bingung tentang hal ini, alangkah baiknya sobat baca dulu pada postingan sebelumnya instal wordpress ke komputer lokal agar bisa mempraktikkan tutorial blog kali ini.

Cara Setting Permalink Pada WordPress

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan setting permalink :

  • Silahkan login ke admin wordpress sobat.
  • Alihkan perhatian ke bagian samping kiri bawah, klik pada menu Settings. Akan keluar sub menu, klik pada Permalinks blog.
cara-setting-permalink-blog
  • Pilih struktur permalink yang sobat sukai : Default, Day and name, Month and name, Numeric, atau Custom Structure. Sobat boleh memilih mana saja, asalkan jangan menggunakan yang Default atau Numeric, karena format tersebut sangat tidak SEO Friendly ( tidak ramah terhadap search engine ).
Nah untuk yang Custom Structure permalink adalah struktur yang sesuai keinginan penggunanya. Beberapa format struktur yang sering digunakan oleh para blogger. satu contoh seperti dibawah ini :
Judul Postingan
Silahkan masukkan /%postname%/ pada kolom yang sudah disediakan. Maka hasilnya nanti http://domainsobat.com/judul-post/ (http://gokbm.org/cara-setting-permalink-pada-wordpress/)
Kategori plus Judul Postingan
Silahkan masukkan /%category%/%postname%/ pada kolom yang sudah disediakan. Maka hasilnya nanti http://domainsobat.com//nama-kategori/judul-post/ (http://gokbm.org/tutorial-wordpress/cara-setting-permalink-pada-wordpress/)
Berakhiran .html
Silahkan masukkan /%postname%.html pada kolom yang sudah disediakan. Maka hasilnya nanti http://domainsobat.com/judul-post.html (http://gokbm.org/cara-setting-permalink-pada-wordpress.html)
  • Category base : Category base adalah alamat permalink untuk category. Apabila sobat ingin mengubah alamat permalink dari category ke yang lain, silahkan masukkan kata kunci yang diinginkan. Namun jika tidak ingin di ubah, kosongkan saja.
  • Tag base : Tag base adalah alamat permalink untuk tag. apabila sobat ingin mengubah alamat permalink dari tag ke yang lain, silahkan masukkan kata kunci yang diinginkan. Namun jika tidak ingin di ubah, kosongkan saja.
  • Terakhir silahkan klik tombol Save Changes.
  • Selesai.
OK, akhiri dulu cara setting permalink blog wordpress, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
sumber : blogger madura

8 Comments

  1. saya pake blogger, belum pernah pake wird press...pengenya sih pake wordrepss tapi kayaknya lom perlu

    ReplyDelete
  2. wah kalau permalink saya kurang paham sobat apalagi WP sob,,,

    ReplyDelete
  3. Kemarin saya habis ngoprek-ngoprek WP, tapi kewalahan karena kuang pengetahuan, banya hal yang membuat saya bingung. akhirnya tetap bertahan dengan blogcepot

    ReplyDelete
  4. wah ane aga bingung tentang permalink, sebenernya sperti apa si ya? ane ko belum paham definisi permalink..

    ReplyDelete
  5. absen dahulu, wew mantep sob teruskan hehehe update terus sob biar makin eksis di dunia blogger ^.^... visit back kawan

    ReplyDelete
  6. Nice Info
    Mohon saranya di Blog baru sya :)

    ReplyDelete
  7. tapi kalau dah ke index google mau ganti permalink pikir-pikir

    ReplyDelete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link