Atasi CMOS Checksum Bad (Press F1 to Run SETUP)

BIOS-CMOS-Checksum-Bad Atasi CMOS Checksum Bad (Press F1 to Run SETUP) - CMOS Checksum Error, CMOS Checksum Bad, Masalah ini disebabkan karena settingan Pada CMOS di Menu BIOS Komputer anda tidak benar.

Cara Mengatasi CMOS Checksum Bad

Untuk Solusi masalah CMOS Checksum Bad, Restart Komputer Anda kemudian Masuk ke menu Setup CMOS dan Periksa tanggal serta waktu sesuai dengan tanggal saat ini. Setelah Update Menu CMOS dan settingan tanggal sudah benar, Pastikan anda Menyimpan settingan tersebut dan keluar dari Menu BIOS.

Jika Semuanya sudah selesai dan masalah masih muncul kembali maka coba reset CMOS anda ke default. Masalah ini dapat terjadi karena salah satu kemungkinan dibawah ini

Penyebab CMOS Checksum Bad (Press F1 to Run SETUP)

  1. Baterai CMOS sudah Rusak / Habis.
  2. Update BIOS.
  3. Mematikan Komputer tanpa melalui Menu Shutdown.
Baterai CMOS sudah Rusak :  Jika masalah ini terus terjadi setelah Anda mematikan komputer Anda,  mungkin bahwa baterai CMOS sudah buruk/rusak. Sebaiknya ganti baterai CMOS anda dengan Baterai CMOS Baru. Untuk Mengganti baterai CMOS, pastikan tidak ada aliran listrik yang masuk ke komputer anda dan untuk laptop sebaiknya Baterai pada laptop anda dicabut.

Setelah itu baru bisa mengganti Baterai CMOS anda dengan yang baru, dan setelah mengganti baterai CMOS dengan yang baru maka lakukan kembali settingan tanggal pada menu BIOS anda.

Update BIOS : Jika pembaruan/update BIOS telah dijalankan pada komputer maka settingan yang tersimpan dalam CMOS perlu diatur ulang. Masuk ke Menu CMOS di BIOS anda kemudian setting sesuai dengan tanggal saat ini dan simpan lalu keluar dari Menu BIOS anda.

Jika anda tidak dapat masuk ke Menu CMOS anda setelah melakukan Update BIOS, kemungkinan ada kesalahan sewaktu Update BIOS anda. Kami sarankan untuk mengembalikan BIOS anda ke versi sebelumnya.

Baca juga : Cara Menghubungkan Komputer / Laptop ke TV

Semoga bermanfaat tentang Atasi CMOS Checksum Bad (Press F1 to Run SETUP)

Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link