Tips Dalam Membeli Domain

Tips Dalam Membeli Domain - Setelah dipostingan sebelumnya gang tutorial membahas cara menghitung jumlah kata dalam postingan blog, maka kali ini akan sedikit share tentang tips membeli domain. Dalam membuat blog/web tidak lepas dari yang namanya sebuah domain. Sedangkan memiliki nama domain, sobat bisa membelinya pada website penjual domain. Namun, pada dasarnya membeli nama domain adalah bersifat sementara atau lebih pasnya menyewa domain. Hitungan harga domain biasanya berdasarkan kurun waktu tahunan, bisa satu tahun, dua, tiga atau empat tahun.

Harga sebuah nama domain berkisar antara Rp 25.000 sampai ratusan per satu tahun, dan tahun berikutnya sobat bisa memperpanjang kembali. Domain yang digunakan boleh berakhiran web.id, .com, .us, .org, .net, .info dan yang lain.Contohnya : rumahiklan.web.id, serbaiklangratis.com, bloginfo.us, gokbm.org

Berikut beberapa tips dalam membeli domain

Pastikan membeli domain pada website terpercaya

Domain adalah aset yang sangat penting bagi sebuah website atau blog, jadi hati-hati dalam membeli sebuah domain. Belilah domain pada website yang benar-benar terpecaya.
  • Cari informasi sebanyak mungkin mengenai website tersebut dengan bertanya kepada orang sekitar yang dipercaya, informasi dari forum-forum di internet, mesin pencari seperti google dan lain-lain.
  • Cek umur domain website penjual domain tersebut. Untuk mengecek umur domain, sobat bisa menggunakan tool whois yang banyak beredar di internet, beberapa contoh whois tool : http://www.whois.net, http://whois.domaintools.com, http://who.is dan lain-lain. Kenapa harus mengetahui umur segala? karena dengan umur sebuah domain menandakan seberapa eksis domain tersebut di internet, semakin tua berarti semakin bagus.
  • Cek google page rank. Untuk mengecek google page rank, sobat bisa menggunakan tool page rank checker seperti : http://www.prchecker.info, http://www.mypagerank.net dan lain-lain. Jika website penjual domain mempunyai page rank yang bagus, maka ini sedikit mengindikasikan bahwa website tersebut terpercaya karena mendapatkan page rank itu tidak mudah. Untuk mendapatkan jawaban penting tidaknya page rank silahkan baca page rank blog, pentingkah?
  • Cek alexa rank. Untuk mengecek alexa rank sobat bisa menggunakan tool dari http://www.alexa.com. Kisaran alexa rank yang bagus yaitu sekitar 500.000 kebawah lebih 100.000 kebawah. Jika website penjual domain mempunyai peringkat di bawah 500.000 ini menandakan bahwa website tersebut memang ramai dikunjungi. Tapi bukan berarti Alexa tidak dapat dikejar, coba sobat baca cara ampuh turunkan alexa rank

Pastikan penjual domain mudah untuk di hubungi

Selain diatas, pastikan penjual domain mudah untuk di hubungi, misal ada fasilitas menghubungi melalui telephone, live support, yahoo messenger, email dan lain sebagainya. Pastikan juga bahwa penjual tersebut mempunyai alamat kantor atau rumah yang jelas sehingga apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, sobat bisa mendatangi langsung instansi atau orang yang menjual domain tersebut.

Pastikan sobat mendapat domain kontrol

Nah, hal ini merupakan hal yang cukup penting, pastikan bahwa apabila membeli sebuah domain sobat nantinya mendapat akses penuh ke panel kontrol domain. Dan jangan lupa sobat dapat dengan mudah untuk mengubah Name Server (ns) domain sobat karena dari situ sobat nantinya dapat menentukan mau menggunakan hosting dari mana saja. Untuk memastikan bahwa sobat nantinya akan mendapatkan kontrol domain, sobat dapat membaca keterangan yang mereka buat pada websitenya, atau sobat tanyakan langsung melalui live support, yahoo messenger, form kontak atau melalui email.

Jangan terlalu tergiur dengan harga murah

Membeli domain dengan harga murah tentunya dambaan setiap pembeli, namun sedikit kehati-hatian diperlukan. Harga yang sekiranya sangat tidak mungkin harus di jadikan sebuah tanda tanya besar, misalkan harga dipasaran sebuah domain adalah berkisar antara Rp 25.000 sampai ratusan ribu, jika sobat menemukan website atau orang yang dapat menjual dengan harga katakanlah Rp 10.000 atau Rp 20.000 maka itu wajib di curigai.

Pastikan bahwa sobat nantinya dapat transfer domain ke tempat lain

Jika sobat membeli sebuah nama domain, tanyakan juga bahwa apakah nantinya jika suatu saat sobat ingin mentransfer atau memindahkan domain tersebut ke tempat (registrar) yang lain itu bisa atau tidak?

OK, akhiri dulu cerita tentang Tips Dalam Membeli Domain, semoga bermanfaat

20 Comments

  1. makasi tips na gan, bermanfaat banget buat ane yang lagi buka usaha development website & blog :)

    ReplyDelete
  2. waw menarik juga tuk disimak + ilmu lagi thanks.....

    ReplyDelete
  3. tipsnya bagus ni mas bisa di jadiin refernsi jika pengen beli domain baru makasih ya bang udah berbagi tipsnya

    ReplyDelete
  4. wajib banget nih untuk disimak sobat, apalgi persiapan untuk membeli domain sobat...

    ReplyDelete
  5. Thanks sob tips dan mau berbagi info, sangat membantu pastinya untuk teman-teman yang ingin mengganti domainnya.

    ReplyDelete
  6. postingnya mantab, makasih.

    ReplyDelete
  7. blowalking malam ni gan diwarung ente dsini :D

    ReplyDelete
  8. kunjungan sob . .
    bagi"motivasi ya sob :)
    "Apa pun yang Anda percaya, dengan keyakinan, akan menjadi kenyataan.Keyakinan Anda sangatlah menentukan kenyataan hidup Anda.
    Ditunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  9. Emmmmmhhh.. bagus banget sob infonya... ini sangat berguna bagi dunia blogging tentunya.... eeemmmmhh.. kapan ya aku punya domain dot com...?? hihihi :D

    ReplyDelete
  10. beli domain apa gak ya? gimana baiknya gan? pingin saran

    ReplyDelete
  11. terimakasih kawan sudah berbagi tips yang sangat bermanfaat kelak bila saya ingin membeli domain ..salam :)

    ReplyDelete
  12. nice post uy.. bisa jadi refrensi buat beli domain. :)
    happy blogging :D

    ReplyDelete
  13. nanti aja ah beli domainnya... masih belajar yg gratisan hehehe
    nice share sob..

    ReplyDelete
  14. terima ksih tipsnya sobat..
    aku mau tanya sobat, klo beli domain lgsung dr blospot apkh bgus juga, dan apkh blogspot pakek hosting juga??
    terima kasih, salam kenal.

    ReplyDelete
  15. Balas kunjungan sobat neh,,,,,,tips yang sangat bermanfaat sekali,,,,memang betul apa yang disampaikan author kalau ada penyedia jasa penjualan domain dengan harga yang fantastis murah harap dicurigai soalnya saya pernah mencoba untuk menggunakan jasa itu, setelah sign up sampai sekarangpun tidak ada pemberitahuan lebih lanjut apa yang saya harus lakukan,,,,,

    ReplyDelete
  16. Bagus nih, thanks infonya.....
    pasti bermanfaat.......

    ReplyDelete
  17. wah butuh yang berkualitas namun murah nih sob hehehe

    ReplyDelete
  18. yang saya masih bingung cara beli domain di godaddy menggunakan paypal, di sana kan biasa ada promo domain .com sampai $1.9 tapi harus menggunakan credit card. mungkin ada yang pernah berhasil pake paypal?? bisa sharing d sini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk di godaddy dengan harga yan super murah harus menggunakan CC mas gan, kalo untuk menggunakan paypal ane belum pernah sukses

      Delete

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link