Awas, Warna Lovebird ini Jangan Dikawinkan

Awas, Warna Lovebird ini Jangan Dikawinkan biola euwing gold
Mutasi Warna Lovebird - Dalam dunia burung khususnya burung lovebird selalu menarik untuk diperbincangkan dari waktu ke waktu, dan dari 9 jenis burung lovebird yang banyak mengalami mutasi warna burung lovebird jenis lovebird personata, fischeri dan lovebird muka salem khususnya di Indonesia. Meskipun begitu animo para peternak lovebird terus berlomba-lomba untuk menciptakan varian alias mutas warna yang baru. Dari mutasi warna yang baru tersebut juga semakin meningkat untuk mutas warna lovebird lainnya, sebagian contoh lovebird pale fallow digabungkan dengan variant opaline fischery, parblue dengan opaline fischery, euwing dengan opaline fischery dan sebagainya. Dengan perkembangan ini membuat harga lovebird cenderung stabil dan malahan ada yang lebih meningkat pesat untuk warna varian baru. Namun kali ini kami tidak akan membahas bagaimana untuk membuat varian baru atau mutasi warna lovebird baru melainkan akan membahas mutasi warna apa yang sebenarnya tidak boleh dikombinasikan karena akan menghasilkan fenotipe warna yang akan sangat membingungkan, sehingga kita menjadi tidak jelas arah mutasi yang terkandung dalam lovebird tersebut.

Mutasi Warna Lovebird ini Tidak Boleh Digabung

Seperti yang kami kutip diatas tentang mutasi warna yang tidak boleh digabung ada bawah ini meskipun hal tersebut adalah hak anda untuk menggabungkan mutasi warna lovebird tersebut dengan mutasi warna lovebird lainnya, namun jika anda tidak ingin bingung tentang jenis lovebird hasil dari mutasi warna lovebird dibawah ini alangkah baiknya dihindari. Kami akan memberi contoh pada mutasi warna lovebird kacamata alias lovebird klep yang tidak boleh digabung dan harus berdiri sendiri:
  1. non sex linked Ino (lutino)
  2. pastel
  3. dilute
  4. pale fallow
  5. dun fallow
  6. dominant pied
  7. recessive pied
  8. dominant edged
  9. misty
  10. faded
  11. pale
  12. DEC

Alasan mutasi warna lovebird di atas tidak boleh dikombinasikan karena pigment pada lovebird tersebut adalah sama yaitu eumelanin, dimana kombinasi dari mutasi warna tersebut akan menghasilkan spesimen yang akan sangat membingungkan dalam hal penampakan warnanya.

Contoh mutasi wanra lovebird yang membingungkan

  1. apabila kita mengabungkan mutasi pied ( blorok) dan mutasi lutino, anakan yang dihasilkan apabila dia itu lutino pied, tidak akan bisa dibedakan dengan lutino biasa, sehingga akan sangat membingungkan peternak dan juga pembeli.
  2. menggabungkan pale fallow dengan dilute, pale bahasanya pucat, dan dilute bahasanya pengenceran kadar warna, jadi kalo yang pucat digabungkan dengan penurunan kadar warna, pasti akan sangat membingungkan ke depannya apakah dia hanya pale fallow, atau pale fallow dilute.
  3. menggabungkan euwing dan dilute, gambar dibawah bisa di lihat bahwa pattern euwing sangat susah di lihat jika tidak berada dibawah terik matahari. penampakan akan lebih tidak jelas kalau misalnya dia itu blue biasa tanpa dark factor

mutasi warna lovebird hasil dari euwing x dilute
Berbeda dengan mutasi warna lovebird opaline (bahasa gaul di fischery : lovebird biola) adalah satu-satunya mutasi warna lovebird yang boleh dikombinasikan dengan mutasi yang lain termasuk mutasi pada pigment eumelanin di atas, contohnya pada fischery: Biola Parblue, Biola Euwing, Biola Dilute, dsbnya, jadi masih banyak kreasi yang akan bisa dihasilkan ke depannya yang akan dihasilkan dari mutasi warna lovebird biola.
mutasi warna lovebird biola pb
Sampai disini dulu pembahasan tentang mutasi warna yang tidak boleh digabung, semoga bermanfaat dan lebih menghasilkan mutasi warna lovebird berkualitas
Sumber : https://burungid.com/mutasi-warna-lovebird-yang-tidak-boleh-dikombinasikan/

Comments

Mohon diperhatikan
1. No Spam
2. No Link